CIMB Niaga Catat Kredit Komersial Rp57,77 Triliun

Thursday 28 Feb 2013, 11 : 08 am
by
ilustrasi

JAKARTA- CIMB Niaga hingga akhir Desember 2012, telah menyalurkan kredit ke sektor komersial sebesar Rp 57,77 triliun, atau naik 22% dari posisi yang sama tahun sebelumnya yang mencapai Rp 47,26 triliun. Jumlah tersebut memberikan kontribusi sebesar 40%  terhadap total kredit CIMB Niaga secara keseluruhan per 31 Desember 2012 yang mencapai Rp 145,40 triliun.

Direktur Commercial Banking & Syariah CIMB Niaga Handoyo Soebali mengatakan perbankan komersial CIMB Niaga terus menggenjot pertumbuhan kredit di tengah kondisi ekonomi global yang dapat dikatakan masih stagnan selama 2012. “Kami terus mengoptimalkan potensi pertumbuhan bisnis di sektor agrobisnis, manufaktur dan perdagangan, pariwisata, otomotif, dan consumer goods, dengan tidak melupakan pertumbuhan kredit untuk pemberdayaan masyarakat kecil,” ujar Handoyo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (28/2).

Selain itu, lanjut Handoyo,  CIMB Niaga juga terus melakukan ekspansi strategis jaringan kantor cabang untuk menjangkau semakin banyak nasabah yang dapat mengakses layanan dan produk perbankan Komersial. “Kami juga mengoptimalkan keberadaan jaringan CIMB Group di Asia Tenggara untuk memberi nilai tambah pada nasabah perbankan Komersial yang memiliki aktivitas bisnis di kawasan regional,” terang Handoyo.

Menurut Handoyo, perbankan komersial CIMB Niaga memiliki sejumlah segmen bisnis untuk pembiayaan nasabah. Salah satunya adalah unit High-End Commercial (HEC), yang menangani nasabah perusahaan dengan kebutuhan kredit sampai dengan Rp 200 miliar. Hingga akhir Desember 2012, HEC telah menyalurkan kredit sebesar Rp 30,31 triliun, meningkat 24 persen dari posisi yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp 24,50 triliun. 

Adapun unit lainnya adalah Small Medium Enterprise (SME) Commercial, yang menangani nasabah perusahaan dengan kebutuhan kredit sampai dengan Rp 25 miliar. Unit ini telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 17,76 triliun hingga akhir Desember 2012, meningkat 15 persen  dari posisi tahun sebelumnya sebesar Rp 15,45 triliun.

Sementara itu, lanjut Handoyo, untuk pemberdayaan masyarakat kecil, selain penyalurannya melalui beberapa mitra yang dikelola oleh sub-segmen Commercial Linkage, Perbankan Komersial juga memiliki unit Micro Finance, yang menangani kredit mikro berbasis agunan sampai dengan Rp1 miliar, yang disalurkan langsung ke nasabah melalui Gerai ”Mikro Laju”. Penyaluran kredit mikro tercatat sebesar Rp2,15 triliun per 31 Desember 2012, meningkat 73% dari posisi yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp1,24 triliun.

Handoyo optimistis dengan tingkat perekonomian Indonesia yang diprediksi tetap tumbuh, akan menjadi penopang utama pertumbuhan kredit pada tahun ini, khususnya Perbankan Komersial CIMB Niaga. “Kami akan terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabah, mengembangkan basis nasabah, serta memperdalam penetrasi pasar di segmen-segmen bisnis yang ada untuk mencapai target 2013,” tutup Handoyo.  

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kecuali Jakarta, Beri Kewenangan Pemda Tangani Covid-19

JAKARTA-Waki Ketua DPD RI, Nono Sampono menyarankan Pemerintah untuk mendelegasikan

Mahasiswa Indonesia Sampaikan Lima Resolusi 2017

JAKARTA-Mahasiswa Indonesia menyampaikan 5 resolusi di 2017 ini. Resolusi ini