12 Kampus Terbaik, ITB Peringkat Satu

12 Kampus Terbaik, ITB Peringkat Satu

0
BERBAGI

JAKARTA-Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengumumkan sebanyak 12 perguruan tinggi yang meraih peringkat teratas di Indonesia. Adapun ke-12 perguruan tinggi tersebut yakni Insitut Teknologi Bandung (ITB) , Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Brawijaya (Unibraw), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Hasannudin (Unhas), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Andalas (Unand), dan Universitas Sebelas Maret (UNS).

Dari ke-12 Perguruan Tingg itu, ITB kembali meraih posisi sebagai kampus terbaik se-Indonesia berdasarkan penilaian Kemenristekdikti. Tidak hanya berada di posisi sama dari tahun sebelumnya, angka penilaiannya juga meningkat dari 3,74 menjadi 3,78. “Dari 12 besar kampus (kluster pertama), ada yang nilainya naik signifikan dan ada juga yang naiknya biasa saja,” kata Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir dalam Konferensi Pers (Konpers) Klasifikasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi (PT) di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Thamrin, Jakarta, Rabu (17/8).

Posisi kedua ditempati oleh UGM dengan perubahan skor dari 3,69 menjadi 3,72. Peringkat tiga yang sebelumnya diduduki oleh IPB kini ditempati oleh UI. UI mengalami peningkatan cukup signifikan dari 3,41 menjadi 3,69.  “UI naik satu peringkat dari tahun sebelumnya sedangkan IPB turun ke posisi keempat walaupun skornya sendiri mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, yakni 3,49 menjadi 3,54,” ujarnya.

Sementara posisi lima pada tahun ini diperoleh Unibraw dengan skor 3,24.  ITS berada di posisi keenam dengan raihan angka 3,17. Selanjutnya, terdapat Unair dan Unhas dengan skor 3,15 dan 3,06.

Undip berada di peringkat sembilan dengan raihan angka 3,04. Sementara Unpad harus turun tiga peringkat dari posisi ketujuh dengan nilai 2,97. Kemudian terdapat pula Unand dan Universitas Sebelas Maret dengan torehan skor 2,88 dan 2,87.

Direktur Jenderal (Dirjen) Kelembagaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pendidikan Tinggi Patdono Suwignjo mengatakan indikator pemeringkatan perguruan tinggi meliputi kualitas dosen, kecukupan dosen, kualitas manajemen, kualitas kegiatan kemahasiswaaan, dan kualitas kegiatan penelitian.  “Jumlah perguruan tinggi yang masuk pada kelompok satu pada tahun ini sebanyak 12 perguruan tinggi atau tambah satu perguruan tinggi dibandingkan tahun lalu,” terang Patdono.

Sementara di kelompok dua ada 82 perguruan tinggi, kelompok tiga meliputi 646 perguruan tinggi, kelompok empat terdiri atas 2.257 perguruan tinggi, dan di kelompok lima ada 247 perguruan tinggi.

Perguruan tinggi yang masuk dalam pemeringkatan, menurut Patdono, hanya perguruan tinggi di bawah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.”Kita berharap pemeringkatan dapat mendorong perguruan-perguruan tinggi meningkatkan kinerjanya,” pungkasnya.