3.517 CCTV Sudah Terpasang di DKI

20
photo ilustrasi

JAKARTA-Pemda DKI Jakarta menargetkan pemasangan closed circuit television (CCTV) sebanyak 5.518 unit rampung akhir tahun ini. Hinggga 5 Agustus, sudah terpasang 3.517 CCTV oleh empat provider.

Kepala Dinas Informatika, Komunikasi dan Kehumasan (Kominfomas) DKI Jakarta, Dian Ekowati mengatakan, pihaknya terus memantau pemasangan CCTV oleh empat provider. Diharapkan, sampai dengan akhir tahun target pemasangan CCTV bisa terealisasi. “Progres realisasi sampai 5 Agustus dari target yang akan memasang 5.518 CCTV, sudah terpasang 3.517 CCTV,” kata Dian, saat rapat pimpinan (rapim) di Balai Kota, seperti dikutip dari www.beritajakarta.com, Senin (8/8).

Dia menambahkan, dari jumlah CCTV yang sudah terpasang sebanyak 2.832 CCTV sudah terintegrasi dengan Jakarta Smart City. Sementara itu di kawasan ring satu ada sebanyak 176 titik yang sudah terpasang, 133 titik diantaranya sudah terkoneksi dengan Polda Metro Jaya. “Sementara sisanya saat ini sedang proses penarikan jaringan ke Mapolda Metro jaya,” ujarnya.

Dalam pemasangan CCTV ini, diakui Dian banyak kendala yang dihadapi. Salah satunya yakni pengadaan CCTV dari masing-masing internal provider.

Menurut Dian, pihaknya telah melayangkan surat peringatan (SP) kepada provider karena tidak bisa memenuhi target pemasangan 6.000 CCTV pada Juni lalu. Bahkan telah dibuat surat pernyataan kesanggupan terhadap provider.

Namun hanya dua provider saja yang menyanggupi menandatangani surat pernyataan. Sementara dua lainnya mengubah surat pernyataan tersebut menjadi surat pemberitahuan.

“Kami sudah koordinasi dengan BPTSP dan Biro hukum mengenai penolakan dua provider ini sebagai tindaklanjut,” tandasnya.