DPD Setuju Keberadaanya Dievaluasi

Thursday 4 Feb 2016, 3 : 55 pm

JAKARTA-Ketua DPD RI Irman Gusman menolak wacana pembubaran DPD RI. Adapun wacana pembubaran DPD RI muncul dalam agenda Mukernas PKB pimpinan A. Muhaimin Iskandar.
“Tentu, kami menolak pembubaran DPD RI ini. DPD RI sebagai hasil perjuangan reformasi yang menghendaki terwujudnya keseimbangan dua kamar (DPR dan DPD RI) untuk terwujudnya check and balance,” katanya di Jakarta, Kamis (4/2/2016).

Ketua Umum PKB itu dalam Rakernas yang akan berlangsung di Jakarta, pada 5-6 Februari besok, diantaranya akan mengevaluasi keberadaan DPD RI bahkan mengusulkan pembubaran, kalau memang tidak bisa berfungsi secara maksimal. “Kalau DPD dievaluasi, tentu kita dukung berbarengan dengan pengkajian program pembangunan seperti Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) melalui amandemen UUD NRI 1945 nanti,” tambahnya.

Namun kata Irman, apa yang disampaikan oleh Muhaimin itu justru untuk penguatan DPD RI. Di mana penguatan itu dilakukan melalui amandemen UUD NRI 1945.

Hanya saja, sambung Irman, semua pihak perlu mendorong terbentuknya GBHN terlebih dahulu sebelum penguatan DPD RI. “Memang dalam rapat konsultasi dengan lembaga tinggi negara selama ini belum pernah disinggung, karena fokus pada GBHN,” ujarnya.

Sejauh itu kata Irman Gusman, DPD RI terus melakukan komunikasi dengan berbagai partai politik, MPR, DPR RI dan lain-lain untuk penguatan DPD RI tersebut.

Meski, putusan Mahkamah Konstitusi (MK) sudah menetapkan fungsi DPD RI untuk terlibat dalam pembahasan RUU, anggaran dan pengawasan bersama DPR RI, tapi belum sampai pada tingkat bisa ikut memutuskan. “Jadi, kita dukung DPD diperkuat dan bukan dibubarkan,” pungkasnya.

Don't Miss

60 Buyer Terbaik Perebutkan Primaduta Award 2015

JAKARTA-Pemerintah memberikan penghargaan Primaduta Award (Primaduta) 2015 kepada 60 buyer

Banyak Bukti Sudirman Bekerja Untuk Freeport

JAKARTA-Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menduga Menteri ESDM Sudirman Said