90 Pengusaha Thailand Siap Lakukan Transaksi Dagang di TEI 2016

31

BANGKOK-Sembilan puluh pengusahaa Thailand yang umumnya para pembeli potensial alias importir  saat ini sedang bertebaran mengunjungi stand-stand pameran produk ekspor Indonesia yang dijajakan di Trade Expo Indonesia (TEI) 2016.

Para pengusaha tersebut berasal dari berbagai provinsi di Thailand antara lain Bangkok, Phetchaburi, Chiang Mai dan Phuket untuk melihat produk barang dan jasa Indonesia yang memiliki potensi untuk diimpor ke Thailand  antara lain, minyak kelapa sawit (crude palm oil), batu bara, produk pembangkit listrik (power plant), makanan dan minuman, mebel (furniture), kertas, kelapa,  jasa pariwisata dan jasa restoran.

Tidak ingin kehilangan peluang, sesaat setelah pembukaan TEI 2016, tanggal 12 Oktober 2016, perusahaan SCG Co. Ltd dari Thailand langsung menggandeng mitranya di Indonesia, PT. Adaro Indonesia, untuk melakukan penandatangan MoU pembelian batu bara sebesar 275,000 MT senilai US$ 12,000,000 untuk tahap pertama.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh, Mr. Nantapong Chantrakul, Indonesia Country Director SCG Co. LTd , dan  Garibaldi Thohir, Presiden Direktur PT. Adaro Energy Tbk serta Chia Ah Hoo, Presiden Direktur PT. Adaro Indonesia.

Penandatangan MoU disaksikan oleh Menteri Perdagangan, Kepala BKPM, Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand, Wakil Gubernur Provinsi Phetchaburi, Thailand; Phetchaburi Chamber of Commerce, dan beberapa delegasi dari Thailand.

Tidak ketinggalan, perusahaan Thailand lainnya, Hybrid Energy Co. Ltd, menangkap peluang dari keingingan Pemerintah Indonesia meningkatkan kapasitas suplai listrik. Perusahaan tersebut langsung mengajukan jadwal untuk melakukan business matching dengan perusahaan Indonesia dan BKPM terkait rencana melakukan investasi powerplant di Indonesia bernilai US$20,000,000.

Kunjungan 90 pengusaha TEI 2016 yang bertema Indonesia: Source of Natural and Creative Products, memang dipersiapkan dengan matang.

Tak kurang,  Duta Besar RI, Ahmad Rusdi, jauh hari sebelumnya  merancang dua forum bisnis berturut-turut. Pada tanggal 1 September 2016, Duta Besar RI berama Atase Perdagangan menjambangi Provinsi Phetchaburi, dalam rangka melakukan Forum Bisnis dengan pengusaha provinsi tersebut.

Forum bisnis ini dihadiri oleh Gubernur Petchaburi, Mr. Sanit Khowsa-ard dan 30 orang perwakilan sektor swasta  berbagai bidang terkait pariwisata, perdagangan, investasi, dan pendidikan. Pada kesempatan tersebut Dubes Ahmad Rusdi menyampaikan berbagai manfaat dan peluang yang ditawarkan di Indonesia sejalang dengan kondisi pembangunan ekonomi Indonesia yang semakin baik dan kondusif bagi para pebisnis.

Selanjutnya pada tanggal 4 September 2016,  untuk memanfaatkan waktu transit Menteri Perdagangan RI dalam perjalanan menuju KTT ASEAN di Laos, diselenggarkan forum bisnis antara Menteri Perdagangan RI dengan  30 CEO perusahaan papan atas Thailand di Wisma Indonesia KBRI Bangkok.

Pada forum tersebut, Mendag RI menyampaikan prospek ekonomi dan peluang bisnis di  Indonesia yang terbuka lebar bagi para pengusaha Thailand. Mendag juga menyampaikan undangan agar para pengusaha Thailand menghadiri TEI 2016.