Agustus 2017, Capital Inflow Capai Rp130 triliun

Wednesday 23 Aug 2017, 1 : 32 pm
cadangan devisa
Ilustrasi Cadangan Devisa

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mengakui arus modal masuk (capital inflow) ke perekonomian hingga pertengahan Agustus 2017 telah mencapai Rp130 triliun. Tingginya arus modal masuk tersebut menunjukkan kepercayaan dunia internasional terhadap stabilitas makro ekonomi Indonesia. “Sampai 16 Agustus, sebanyak Rp130 triliun dana yang masuk,” kata Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo Agus di Jakarta, Selasa , (22/8/2017).

Menurut Agus, dibandingkan periode yang sama pada 2016, arus modal masuk ini sedikit mengalami penurunan, karena pada Agustus tahun lalu “capital inflow” mencapai Rp154 triliun. “Kalau dibandingkan tahun lalu untuk periode sama, masuk Rp154 triliun, jadi lebih banyak tahun lalu,” kata Agus.

Meskipun demikian, situasi arus modal pada 2016 sempat mengalami pembalikan (capital reversal) sebagai dampak dari pemilihan Presiden di Amerika Serikat. Dengan demikian, arus modal masuk ke Indonesia pada akhir 2016 tercatat hanya mencapai Rp126 triliun, meski pada Agustus periode itu telah mencapai Rp154 triliun. “Ketika ada announcement pemilihan presiden di AS, ada capital reversal yang menyebabkan sepanjang 2016, dana masuk ke Indonesia Rp126 triliun,” ujar Agus.

Lebih jauh kata Agus, Bank Indonesia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada 2017 berada dalam kisaran 5,0 persen-5,4 persen dan meningkat sebesar 5,1 persen-5,5 persen pada 2018.

Mantan Dirut Bank Mandiri, kontribusi pemerintah melalui belanja modal diharapkan ikut meningkat sebab bisa memberikan dampak positif kepada kinerja investasi dalam jangka panjang. “Kami yakin investasi pada semester dua akan membaik, karena pada triwulan dua menunjukkan pertumbuhan yang membaik, bukan hanya karena infrastruktur oleh pemerintah namun juga swasta,” imbuhnya. ***

 

Don't Miss

Ormas Trikarya Golkar Dorong Bambang dan Airlangga Bertemu

JAKARTA-Tiga eksponen ormas Partai Golkar menyatakan prihatin dengan terjadinya konflik

Pupuk Batubara Karya Anak Bangsa Resmi Diekspor ke AS

JAKARTA-Pupuk batubara karya R. Umar Hasan Saputra resmi diekspor ke