Ahok Didampingi 80 Orang Tim Advokasi Bhineka Tunggal Ika

Monday 12 Dec 2016, 6 : 36 pm
by
Cagub DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama bersama KH Adib Rofiuddin Izza

JAKARTA-Tim hukum Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) yang tergabung dalam Tim Advokasi Bhineka Tunggal Ika BTP beranggotakan 80 orang akan mendampingi Gubernur DKI non aktif Ahok dalam persidangan terkait dugaan penistaan agama di Pengadilan Negeri Jakarta Utara besok (Selasa, 13/12).

Ketua Tim Advokasi Bhineka Tunggal Ika BTP Sirra Prayuna mengatakan sekitar 80 orang pengacara itu akan mendampingi dan menyiapkan semua proses persidangan dan dibagi dalam dua bidang yaitu  tim litigasi tugasnya mendampingi Basuki di setiap persidangan sekitar 10-20 orang advokat, dan tim non litigasi sekitar 60-an orang advokat.

“Kami terus matangkan persiapan tim hukum Basuki Tjahya Purnama dalam menghadapi persidangan perdana pada 13 Desember 2016 pukul 09.00 wib di PN Jakarta Utara di Jalan Gajah Mada, Jakarta,” jelas Sirra Senin (12/12).

Adapun tugas tim non litigasi, jelas Sirra, yaitu menghimpun berbagai informasi, data dan fakta terkait peristiwa 27 September 2016 di Kepulauan Seribu.

Selain itu, melakukan verifikasi dan validasi data baik bukti surat tertulis, maupun keterangan saksi dan ahli.

Sirra menambahkan tim non litigasi juga akan melakukan legal drafting yang akan mengkonstruksi fakta-fakta persidangan untuk menyusun legal opinion.

Tim non litigasi juga  melakukan prosesing persidangan yang bertugas menginput berbagai fakta-fakta selama persidangan yang akan dijadikan bahan analisis fakta dan analisis yuridis nantinya.

“Namun dalam persidangan besok akan dihadiri oleh para advokat yang jumlahnya secara teknis persidangan akan kami sesuaikan dengan jumlah kursi yang disediakan oleh kepanitraan Pengadilan Negeri untuk mengikuti  acara persidangan  besok yaitu pembacaan dakwaan,” terangnya.

Sementara itu, Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok mengaku tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi sidang besok.

“Biasa saja, saya akan sampaikan apa yang saya lihat, saya dengar dan saya rasakan. Semua saya serahkan pada Tim Advokasi Bhineka Tunggal Ika BTP,” pungkasnya disela-sela acara Maulid Nabi Besar Muhamaad SAW di Masjid Al Huda, Jakarta.

Dia juga minta didoakan kepada seluruh ulama, KH Adib dari Pondok Pesanten Buntet Cirebon dan ustadz, juga jamaah yang hadir di acara Maulid di Masjid Al Huda agar persidangan besok berjalan lancar dan semua masalah menjadi jelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Adhi Commuter

Naik 10%, Adhi Commuter Properti Raih Pendapatan Rp651,95 Miliar pada 2023

JAKARTA – PT Adhi Commuter Properti Tbk (ADCP) meraih pendapatan

Jelang Nataru 2023, Pemerintah Yakin Bisa Kendalikan Inflasi Pangan

JAKARTA-Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mulai mengantisipasi lonjakan harga