Ahok-Djarot Unggul di 3 Wilayah DKI

Ahok-Djarot Unggul di 3 Wilayah DKI

0
BERBAGI

JAKARTA-Hasil jajak pendapat yang digelar lembaga Media Survei Nasional (Median)menyebutkan calon petahana Basuki Tjahja Purnama (Ahok) dan Djarot Saiful Hidayat, unggul di tiga wilayah DKI Jakarta, yaitu Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur. Sedangkan, bakal pasangan calon Anies Baswedan-Sandiaga Uno, banyak memperoleh dukungan dari dua wilayah, yaitu Jakarta Selatan dan Jakarta Utara. Sementara, pasangan Agus Harimurti Yudhoyono- Sylviana Murni tak mampu menang di salah satu wilayah pun di DKI Jakarta.
Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun menjelaskan, jajak pendapat ini dilakukan untuk mengetahui peta kompetisi antar kandidat pasca proses pendaftaran Calon Gubernur & Wakil Gubernur DKI Jakarta serta mengelaborasi perilaku pemilih Pilgub DKI.Populasi survei ini seluruh warga DKI Jakarta yang memiliki hak pilih dengan margin of error sebesar +/- 4,4% pada tingkat kepercayaan 95%. Sampel dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi kotamadya dan gender. Hasil survei menunjukkan dinamika politik yang terjadi selama masa pengambilan data dari  26 September-1 Oktober 2016.
Dia menjelaskan, dari 5 wilayah yang ada di DKI, pasangan Ahok-Djarot unggul di 3 wilayah dan Anies-Sandi menang di 2 wilayah. Sedangkan pasangan Agus-Sylvia kalah telak di 5 wilayah DKI.
Di wilayah Jakarta Barat, pasangan Ahok-Djarot meraih 47,0 persen, Anies-Sandi: 20,0 persen dan Agus-Slyviana: 15,0 persen. Sementara 18,0 persen belum menentukan pilihan.
Di wilayah Jakarta Pusat, duet Ahok-Djarot mendulang 42,0 persen suara, Anies-Sandi: 24,0 persen dan Agus-Slyviana: 17,0 persen. Adapun 17 persen belum menentukan pilihan.
Di wilayah Jakarta Timur, pasangan Ahok-Djarot kembali unggu dengan perolehan  31,0 persen, disusul Anies-Sandi: 22,0 persen dan Agus-Slyviana: 21,0 persen. Adapun belum memilih: 26,0 persen
Di wilayah Jakarta Selatan, pasangan Anies-Sandi meraih 30,0 persen, Agus-Slyviana: 27,0 persen dan Ahok-Djarot hanya meraih 23,5 persen. Sebanyak 19,5 persen belum memilih.
Di Wilayah Jakarta Utara, pasangan Anies-Sandi meraih 32,0 persen, Ahok-Djarot: 30,0 persen dan  Agus-Slyviana: 24,0 persen. Belum memilih: 14,0 persen.
Hasil survei Median juga menyebutkan Ahok unggul telak di kalangan pemilih non muslim, sementara Anies Baswedan unggul telak di kalangan pemilih berlatar belakang perguruan tinggi.
Tak hanya itu, duet Ahok-Djarot unggul di segmen suku Jawa, Thionghoa, Batak, sementara Anies Baswedan unggul di segmen Betawi dan Agus unggul tipis di Sunda. “Dari 100% pemilih Jawa,  ada 40,0% yang memilih Ahok-Djarot & 27,1% memilih Anies-Sandi,” ujarnya.

Popularitas Tokoh

Basuki Tjahaja Purnama 95,4%
Agus Harimurti Yudhoyono 78,4%
Djarot Sjaiful Hidayat 76,6%
Anis Baswedan 73,8%
Sylviana Murni 70,0%
Sandiaga Uno 50,2%

Elektabilitas Pasangan
Basuki Tjahaja Purnama & Djarot Sjaiful Hidayat 34,2%
Anis Baswedan & Sandiaga Uno 25,4%.
Agus Harimurti Yudhoyono & Sylviana Murni 21,0%