AirAsia dan BII Jalin Kerja Sama Strategis

42

JAKARTA-PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) memperkuat kerja sama strategis dengan PT Indonesia AirAsia (IAA) dengan menyediakan solusi cash management kepada AirAsia Indonesia dan rekanan biro perjalanan. Nota kesepahaman kerja sama ditandatangani oleh Presiden Direktur BII Dato’ Khairussaleh dan Presiden Direktur PT Indonesia AirAsia Dharmadi di Jakarta  Jumat (15/2).

Melalui kerja sama strategis ini, BII mendukung AirAsia dalam melakukan penjualan tiket pesawat melalui biro perjalanan. Biro perjalanan dapat membayar pembelian tiket AirAsia secara on line dan cepat melalui BII CoOLPAY (Corporate On Line Payment), solusi payment gateway berbasis internet. Solusi ini juga akan memudahkan AirAsia dalam memantau pembayaran tiket dari biro perjalanan. Dengan fasilitas ini, AirAsia secara langsung dapat menerima laporan secara on line dan real time.  “Melalui BII CoOLPAY, biro perjalanan AirAsia dapat melakukan pembayaran tiket tanpa datang ke bank. BII CoOLPAY akan membuat proses bisnis antara BII, Air Asia dan biro perjalanannya lebih cepat dan efisien,” kata Dato’ Khairussaleh Ramli. “Solusi cash management ini selaras dengan misi kami, humanizing financial services dimana kami selalu berupaya untuk memberikan layanan dan solusi terbaik sesuai dengan kebutuhan nasabah dan mitra bisnis kami,” tambahnya.

BII CoOLPAY dapat diakses kapan saja dan di mana saja sehingga biro perjalanan dapat dengan mudah melakukan pembayaran top up secara otomatis. Proses ini akan meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan ke biro perjalanan karena nilai top up dapat di-update secara cepat dan aman.

Presiden Direktur AirAsia Dharmadi, Indonesia mengatakan, aplikasi teknologi yang inovatif menjadi kunci dari kesuksesan AirAsia. “Kami senang bekerja sama dengan BII yang memahami kebutuhan bisnis AirAsia. Melalui BII CoOLPAY, biro perjalanan rekanan AirAsia dapat melakukan pengisian ulang (top up) dengan lebih mudah dan nyaman. Kami yakin fasilitas ini membantu pengembangan bisnis AirAsia,” ujar dia.

BII dan AirAsia telah memulai kerja sama strategis sejak 2011. Pada kerja sama awal, BII mendukung AirAsia dalam melakukan penjualan langsung tiket pesawat kepada pelanggan dengan menyediakan layanan BII e-commerce. Layanan BII e-commerce mendukung penuh pelanggan perorangan (end user) dari Indonesia untuk membeli tiket pesawat secara on line. Pada saat yang sama, Tune Hotels sebagai anak perusahaan AirAsia juga menggunakan Layanan BII e-commerce untuk mendukung nasabahnya melakukan pembelian voucher Tune Hotels