Airlangga ‘Setrum’ Industri Elektronika Jadi Sektor Berorientasi Ekspor

Sunday 3 Feb 2019, 2 : 49 am
by
Menperin, Airlangga Hartarto

BATAM-Industri elektronika nasional terus menunjukkan daya saingnya yang semakin kompetitif di kancah global. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik, juga mampu diandalkan menjadi sektor yang berorientasi ekspor sehingga turut berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi.

“Berdasarkan peta jalan Making Indonesia 4.0, pemerintah telah menetapkan industri elektronika sebagai salah satu sektor manufaktur yang diprioritaskan memasuki era industri 4.0,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat menghadiri acara Peresmian Pengiriman Perdana Produk Smarthome Router ke Amerika Serikat di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (2/2).

Seremoni ekspor ini diresmikan oleh Wakil Presiden M. Jusuf Kalla didampingi Menperin Airlangga serta Gubernur Kepri Nurdin Basirun, yang juga turut disaksikan Direktur Utama PT Sat Nusapersada Abidin dan Vice Chairman Pegatron Corporation Jason Cheng.

Menperin memberikan apresiasi kepada PT Sat Nusapersada yang telah menjalin kemitraan dengan perusahaan asal Taiwan, Pegatron Corp. untuk memproduksi perangkat broadband dan smarthome yang akan dipasarkan ke Amerika Serikat.

“Ini merupakan hasil kerja sama dengan Pegatron, yang termasuk dalam 500 perusahaan global versi Fortune dan vendor Apple setelah Foxconn,” ungkapnya.

Pada tahun 2019, PT Sat Nusapersada berkomitmen untuk memproduksi smarthome router yang memiliki kecepatan tinggi. Dengan membangun gedung 6 lantai, 3 SMT lines, dan 11 final assembly lines yang total investasinya mencapai Rp300 miliar, pabrik ini memiliki kapasitas produksi sebesar 10 juta unit per tahun.

Potensi total nilai ekspor akan mencapai USD600 juta per tahun serta dapat membuka lapangan kerja baru hingga 2.000 orang.

“Semoga dengan diresmikannya pengiriman perdana ke Amerika Serikat, produksi smarthome router yang memiliki kecepatan tinggi dengan gedung baru ini akan berjalan dengan sukses, sehingga keberadaan pabrik ini bermanfaat bagi peningkatan kegiatan ekonomi di Batam khususnya dan ekonomi nasional umumnya,” tutur Airlangga.

Smarthome Router yang diproduksi oleh PT. Sat Nusapersada merupakan router dengan teknologi Fast Router Wireless Wave 2 dengan kecepatan transfer data mencapai 100 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan wireless pada umumnya (wireless Type-G). Wireless router tersebut dapat mendukung terwujudnya koneksi Smarthome yang membutuhkan bandwith data yang tinggi.

Dirut PT Sat Nusapersada menyampaikan, pihaknya bertekad untukterus menjadisalah satu manufaktur smartphone terbesar di Indonesia. Hingga saat ini, telah memproduksi berbagai merek smartphone ternama di dunia seperti Asus, Xiaomi, Huawei, Honor dan Nokia yang dipasarkan di Indonesia serta sisanya diekspor ke India, Jerman dan Perancis.

“Jadi, kami berharap, produk kami menjadi kebanggaan bagi masyarakatIndonesia karena terteratulisan made in Indonesia,” ungkapnya.

Abidin meminta kepada Pemerintah agar dapat menerapkan kebijakan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang tidak hanya dikenakan pada produk smartphone, namun juga dapat diterapkan pada produk-produk seperti laptop, TV, kulkas, AC dan produk elektronik lainnya.

“Hal tersebut tentu akan dapat menghidupkan produsen dalam negeri, mengurangi angka impor, menciptakan lapangan kerja baru serta meningkatkan pendapatan Negara,” imbuhnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Nusa Konstruksi Enjiniring

Nusa Konstruksi Enjiniring Akhiri Program Buyback Saham di BEI

JAKARTA-Manajemen PT Nusa Konstruksi Enjiniring Tbk (DGIK) mengumumkan telah  mengakhiri

Jembatani Diaspora, BNI Sukses Bawa UMKM Sidoarjo Ekspor Keripik Singkong ke Belanda

JAKARTA–PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) proaktif mengantarkan para