Aktor Intelektual ‘People Power’, Polisi Harus Cekal Amien Rais

1278

JAKARTA-Tim Advokasi Dewi Tanjung meminta penyidik Mabes Polri mencekal Amien Rais mengingat perannya sebagai aktor intelektual atau setidak-tidaknya sebagai pelaku turut serta melakukan gerakan people power yang belakangan menyeret Eggi Sudjana sebagai pesakitan. Sebab, rencana people power pertama kali dicetuskan politikus senior PAN ini.

Tindak Pidana yang dikenakan oleh Penyidik terhadap Eggi Sudjana sebagai Tersangka yaitu pasal 107 KUHP dan/atau pasal 110 KPUHP jo. pasal 87 KUHP dan/atau pasal 14 ayat 1 dan 2 atau pasal 15 UU No. 1 Tahun 1946, Tentang Peraturan Hukum Pidana.

“Yang menarik dari sangkaan pasal-pasal pidana kepada Eggi Sudjana adalah sebuah sangkaan kejahatan Makar dan Permufakatan Jahat. Suatu kejahatan yang tidak mungkin hanya dilakukan oleh Eggi Sudjana seorang diri,” jelas anggota Tim Advokasi Dewi Tanjung, Petrus Salestinus di Jakarta, Rabu (15/5).

Apalagi gagasan melakukan gerakan people power ini dimunculkan pertama kali oleh Amien Rais sebagai salah satu tokoh di dalam Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno.

Meskipun saat pemeriksan Eggi Sudjana enggan menyeret pihak lain maka Penyidik Polri tetap harus obyektif menarik Amien Rais ke dalam penyidikan perkara ini sebagai aktor intelektualnya.

“Sejak rencana people power mulai digembar-gemborkan oleh Amien Rais dan Eggi Sudjana, maka sejak itu pula Polisi melakukan penyelidikan terhadap apa yang disebut people power ini,” terangnya.

Pasalnya, rencana people power ini semakin meresahkan dan mengganggu ketenteraman masyarakat. Apalagi, ada ancaman mengerahkan masa dalam jumlah jutaan yang diawali dengan langkah-langkah provokatif dari Eggi Sudjana mengumpulkan sejumlah orang mengajak ikut gerakan people power menolak penghitungan resmi KPU hasil pemilu pilpres 2019 dan melantik Prabowo Subianto sebagai Presiden 2019-2024.

Tim Advokasi Dewi Tanjung juga mengapresiasi langkah Penyidik Polda Metro Jaya secara tepat waktu
melakukan Penangkapan terhadap Eggi Sudjana. Namun demikian, dia mengusulkan agar Penyidik Polda Metro Jaya segera memanggil Amien Rais untuk diperiksa sebagai penggagas people power.