ALAMI Bidik 20% Penyaluran Pembiayaan Syariah Dari 3.000 Bisnis UMKM

32
Ketua Umum HIPMI Jaya Afifuddin Suhaeli Kalla bersama CEO ALAMI Dima Djani menandatangani nota kesepahaman (MoU) dalam rangka kemitraan pendanaan berbasis syariah pada Selasa (28/5) di Jakarta.

JAKARTA-PT Alami Fintek Sharia (ALAMI), perusahaan penyedia pembiayaan P2P berbasis syariah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jakarta Raya (Jaya) dalam rangka kemitraan pendanaan berbasis syariah.

Adapun fokus dari kesepakatan kerja sama ini adalah pengadaan akses pembiayaan usaha berbasis syariah bagi seluruh anggota HIPMI Jaya. ALAMI sebagai penyedia teknologi akan dapat diakses oleh para pengusaha melalui aplikasi mobile Jaya Connect yang khusus dirancang untuk para anggota HIPMI Jaya.

Melalui aplikasi tersebut, para pengusaha anggota HIPMI Jaya dapat menikmati kemudahan dalam mengajukan pembiayaan melalui platform ALAMI, mulai dari angka 50 juta sampai maksimal 2 miliar rupiah.

Penandatanganan kerjasama ALAMI dan HIPMI Jaya diwakilkan oleh CEO ALAMI Dima Djani dan Ketua Umum HIPMI Jaya Afifuddin Suhaeli Kalla yang berlangsung di kawasan Dharmawangsa (28/5).

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif dari HIPMI Jaya dalam mempertimbangkan pembiayaan syariah untuk bisa diakses oleh para anggotanya. Kami menyadari bahwa upaya-upaya untuk mengenalkan keuangan syariah sangat diperlukan dari berbagai pihak, salah satunya dengan kolaborasi ini,” tutur CEO ALAMI Dima Djani.

Dorongan pemerintah agar perusahaan fintech semakin giat berkontribusi meningkatkan akses permodalan bagi pengusaha UMKM berangkat dari masih banyaknya bisnis UMKM yang menemui tantangan dalam mendapatkan permodalan dari institusi keuangan seperti perbankan dan perusahaan multifinance. Jika akses permodalan masih belum merata, UMKM tentu kesulitan dalam menjalankan tujuan-tujuan bisnisnya, sehingga tidak mampu bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

Kondisi di atas juga turut menjadi faktor bagi ALAMI untuk bergerak cepat menjawab permasalahan tersebut dengan membidik komunitas UMKM yang potensial. ALAMI menilai HIPMI Jaya merupakan mitra bisnis yang tepat, berkaca dari ekosistem organisasi HIPMI Jaya yang memiliki karakteristik pengusaha modern dan terbuka pada perkembangan teknologi.

Hal ini terbukti dengan implementasi teknologi digital melalui aplikasi Jaya Connect, yang berperan menghubungkan para anggota HIPMI Jaya, sekaligus media informasi seputar aktivitas organisasi. Sejak diluncurkan pada tahun 2016, saat ini jumlah pengguna aktif aplikasi Jaya Connect selaras dengan jumlah keanggotan HIPMI Jaya yang mencapai 3000 anggota.