Angka Kaum Premium di Asia Pasifik Tumbuh 1,6%

Thursday 9 May 2013, 5 : 07 pm
by

JAKARTA-Persebaran kaum premium di dunia kini kian dinamis. Semakin banyak orang-orang yang masuk dalam jajaran kelas premium, dan populasi dari high net worth individuals (HNWIs) dari Asia Pasifik dan Timur Tengah mengalami perkembangan yang lebih pesat dibandingkan perkembangannya di Amerika Utara dan Eropa. Untuk pertama kalinya, Asia Pasifik memiliki angka HNWI tertinggi di dunia, dan perkembangan HNWI di Timur Tengah merupakan salah satu yang terkuat secara global.  “Pengeluaran dari kaum HNWI yang tinggal di Asia dan Timur Tengah akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya kaum HNWI di Asia dan Timur Tengah,” ujar Head of Consumer Products, Asia Pacific, Central Europe, Middle East & Africa¸ James Lim,  di Jakarta, Kamis (9/5).

Menurut data dari Capgemini World Wealth Report 2012,  angka HNWI di Asia Pasifik tumbuh 1.6% menjadi 3,38 juta pada tahun 2011, melebihi angka HNWI di Amerika Utara yaitu 3,35 juta, dan HNWI di Eropa yaitu 3,17 juta. Di Timur Tengah, populasi HNWI meningkat 2.7% menjadi 0,45 juta. Para ahli mengestimasikan kenaikan signifikan dari pengeluaran kaum premium di Asia Pasifik yang menghasilkan stabilnya daya beli mereka selama beberapa tahun ke depan. “Data pengeluaran yang diambil dari aktivitas pembelanjaan pada kartu Visa Infinite selama 12 bulan terakhir di Asia Pasifik, Eropa Tengah, Timur Tengah, dan Afrika menunjukkan bahwa pengeluaran kaum premium paling banyak dibelanjakan untuk dining, diamond dan destination,” kata dia.

Menurut dia, restoran merupakan pilihan utama bagi HNWI untuk membelanjakan uang mereka. HNWI menghabiskan waktu mereka untuk makan baik di restoran fine-dining maupun casual-dining. Tiga negara utama tempat para kaum premium membelanjakan uang mereka untuk dining experience adalah Hong Kong, Uni Emirat Arab, dan Singapura. “Meskipun restoran fine dining dan restoran hotel populer di kalangan HNWI, sekitar setengah dari daftar top 10 restaurants merupakan casual dining, yang mengindikasikan bahwa HNWI masih value minded. Para HNWI yang memiliki jam kerja panjang umumnya lebih memilih kenyamanan restoran franchise dibanding restoran yang sophisticated bila menyangkut soal makanan sehari-hari,” imbuh dia.

Capgemini World Wealth Report 2012, salah satu pengeluaran kaum premium adalah investment of passion (IPO) – meskipun jenis investasi ini bukan investasi terhadap aset finansial langsung, namun jenis investasi ini dilihat sebagai investasi substitusi di tengah ketidakpastian ekonomi. Contoh IOP misalnya perhiasan, permata, dan arloji. Berdasarkan data pengeluaran konsumen dari kartu Visa, HNWI dari Hong Kong dan Uni Emirat Arab menghabiskan USD 70 juta dan USD 97 juta untuk perhiasan. Terutama di Uni Emirat Arab, sekitar 18% proporsi kekayaan dialokasikan untuk IPO.  Aset kekayaan, selain merupakan sebuah tradisi budaya Timur Tengah, juga merupakan hadiah yang populer untuk pernikahan, karena dapat berfungsi ganda baik sebagai investasi maupun sebagai pegangan disaat masa inflasi.

Visa Global Travel Intentions Survey 2011 menyebutkan, perjalanan mewah atau luxury travel yang berasal dari turis Asia Pasifik akan meningkat selama dua tahun mendatang. Destinasi utama para turis Asia Pasifik adalah Amerika Serikat dan Inggris, yang menunjukkan adanya peningkatan pada perjalanan internasional dibandingkan sebelumnya ketika destinasi China dan Hong Kong merupakan tujuan yang paling populer. Uni Emirat Arab sebagai titik pusat kawasan (regional hub) telah muncul menjadi destinasi perjalanan bisnis yang populer dan diekspektasikan akan terus tumbuh selama tiga tahun kedepan, yang memberikan pengaruh positif pada perjalanan mewah. Hingga kini, data pengeluaran dari kartu Visa menunjukkan bahwa top spender di berbagai negara (dilihat dari berbagai agensi perjalanan dan transportasi udara) adalah Uni Emirat Arab (US$6.149 milyar), Taiwan (US$6,298 milyar), Singapura (US$ 5,968 milyar) dan Hong Kong (US$ 5,872 milyar).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pegawai OJK Potong Gaji Selama 9 Bulan dan THR

JAKARTA-Pegawai Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di seluruh Indonesia yang tergabung

BTPN dan Allianz Life Jalin Kerjasama Bancassurance

JAKARTA-PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) melakukan kerjasama bancassurance