Apkasi Otonomi Expo 2018 Targetkan Transaksi Triliunan Rupiah

Wednesday 20 Dec 2017, 7 : 47 pm

JAKARTA-Penyelenggaraan Apkasi Otonomi Expo (AOE) Tahun 2017 dinilai memberikan dampak positif. Hal ini ditandai dengan berbagai transaksi bisnis antara investor dan buyers, baik dalam maupun luar negeri dengan sejumlah peserta AOE.

Terlebih lagi dengan Pemerintah Kabupaten, menjadi pertimbangan utama Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) untuk melaksanakan kembali kegiatan pameran potensi unggulan daerah kabupaten terbesar di tanah air tersebut. “Setidaknya, berdasarkan monitoring Apkasi dan laporan dari peserta selama berlangsungnya pameran 2017 lalu saja, telah terjadi transaksi senilai lebih dari Rp2 trilun,” ungkap Sekretaris Jenderal Apkasi, Prof. Nurdin Abdullah, saat menggelar acara soft launching “Apkasi Otonomi Expo Tahun 2018”: International Trade, Tourism and Investment bertempat di Gedung Sahid Sudirman Center, Lt. 21, Jl. Jend. Sudirman, Kav. 86, Jakarta, Rabu (20/12/2017).

Nilai itu, lanjut Nurdin, belum termasuk berbagai kesepakatan investasi dan hubungan perdagangan yang terjadi setelah even berlangsung. Inilah yang mendasari pengurus untuk melaksanakan kembali AOE tahun 2018 mendatang.

Di tengah era persaingan global seperti sekarang ini, sambung Prof. Nurdin yang juga Bupati Bantaeng Sulsel ini, Apkasi masih berupaya mendorong anggota untuk terus meningkatkan kemampuan agar dapat memenangkan persaingan di pasar lokal, regional, maupun di tingkat internasional.

Disamping itu, Nurdin menambahkan Apkasi akan terus memfasilitasi terbukannya pasar internasional yang lebih luas, dengan menghadirkan para pelaku bisnis manca negara saat berlangsungnya AOE 2018 nanti. “Kami berharap segenap anggota Apkasi, pemerintah kabupaten dapat memanfaatkan kesempatan untuk merebut peluang pasar dan investasi di pameran potensi unggulan daerah terbesar di tanah air ini, demi tumbuh kembangnya perekonomian di daerahnya,” ungkapnya.

Sementara itu penasehat khusus Apkasi Prof Ryaas Rasyid menitipkan pesan agar dalam kegiatan Apkasi Otonomi Expo 2018 kerjasama antar kabupaten ditingkatkan selain juga menjalin kerjasama dengan para buyer dan investor dari luar negeri. “Apkasi akan memfasilitasi mana daerah yang butuh dan mana yang kelebihan produk, sehingga dengan adanya sinergi ini kemanfaatkannya akan jauh lebih besar yang bisa dirasakan,” tuturnya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Data menunjukkan 37 juta UMKM atau lebih dari 60% dikelola oleh perempuan dan 35% dari penjulaan online dihasilkan oleh perempuan

Local Currency Settlement Perkuat Perdagangan Indonesia dan Thailand

JAKARTA – Penyelesaian transaksi perdagangan antara dua negara yang dilakukan di

Wawali Kota Bekasi Resmikan Gedung Asmara Putri Pesantren Daruttaubah

BEKASI- Masih dalam suasana Hari Santri 2021, Wakil Wali (Wawali)