Arab Saudi Siapkan Mega Investasi ke Indonesia

Monday 5 Sep 2016, 1 : 12 am
by
Presiden Jokowi didampingi Seskab dan Menlu bertemu dengan Pangeran Mohammed bin Salman, di Hotel Dahua Boutique, Hangzhou, Minggu (4/9)

TIONGKOK-Pemerintah Kerajaan Arab Saudi menyampaikan keinginan untuk melakukan investasi ekonomi besar-besaran atau mega investasi di Indonesia.

Keinginan tersebut disampaikan oleh Wakil Putra Mahkota, Wakil Kedua Perdana Menteri, dan Menteri Pertahanan Pangeran Mohammed bin Salman bin Abdul Aziz Al-Saud saat bertemu Presiden Joko Widodo , di Hotel Dahua Boutique Hangzhou, RRT, Minggu (4/9).

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan ada dua topik yang dibicarakan antara Presiden Jokowi dengan Pangeran Mohammed Bin Salman Bin Abdul Aziz Al-Saud itu yakni kerja sama dalam bidang ekonomi dan masalah haji.

Terkait  kerja sama ekonomi, Menlu menjelaskan Saudi Arabia ingin sekali melakukan investasi secara besar-besaran (mega investmen) di Indonesia.

Adapun bidang mega investment yang diincar oleh Arab Saudi adalah bidang pengilangan minyak (refinery); bidang pembangunan rumah murah (low cost housing)dan investasi di bidang yang terkait dengan pariwisata (tourism).

Untuk membahas kerjasama ini,  pemerintah Indonesia akan menggelar pertemuan dengan  Utusan Khusus Raja Arab Saudi, Ahmad al Khatib, untuk mengurus hubungan ekonomi Indonesia dengan Arab Saudi.

“Jadi setelah ini akan ada beberapa pertemuan lanjutan yang akan dilakukan oleh kedua negara karena sebentar lagi menurut rencana pada bulan Oktober, Raja Saudi Arabia akan berkunjung ke Indonesia,” jelas Retno seraya menambahkan, perlu suatu persiapan agar kunjungan ini menjadi suatu kunjungan yang sangat bersejarah yang membawa hasil yang konkrit bagi hubungan dua negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pemerintah Berhasil Turunkan Pungli Secara Signifikan

JAKARTA-Pemerintahan Jokowi-JK berhasil membangun pelayanan publik yang terintegrasi dan akan

Fenomena Gunung Es Cyberbullying, Hardjuno Wiwoho: Efektifkan Peran Satgas Anti Cyberbullying

JAKARTA-Tren kasus Cyberbullying atau perundungan melalui media siber di Indonesia