Asing Ingin Jadi WNI Diduga Bermotif Ekonomi

Tuesday 23 Aug 2016, 5 : 22 pm
beritasulsel.com

JAKARTA-Banyaknya kalangan WNA yang ingin menjadi WNI dicurigai hanya bermotif ekonomi semata. Karena ada dugaan hanya ingin mengeruk kekayaan dan sumber daya Indonesia. “Tapi, kalau naturalisasi terus-menerus, maka nasib WNI akan semakin terpinggirkan,” kata anggota Komisi III DPR RI R HR Muhammad Syafi’ie dalam forum legislasi “Revisi UU Kewarganegaraan” bersama anggota Komisi III DPR RI FPDIP Andreas Hugo Parera, dan guru besar hukum internasional UI Hikmahanto Juwana di Gedung DPR RI Jakarta, Selasa (23/8/2016).

Alasannya, kata anggota Komisi III DPR ini, kalau sudah WNI nasionalismenya pasti dijamin untuk membangun Indonesia. Karena itu Partai Gerindra akan tolak revisi kalau hanya sekadar untuk mengakomodir dwi kewarganegaraan. “Jika asing makin banyak di negeri ini, maka akan cepat Indonesia terjual ke asing,” imbuhnya.

Menurut Syafiie, revisi UU Kewarganegaraan mencuat setelah mantan Menteri ESDM Archandra Tahar dan Gloria Natapraja Hamel diketahui memiliki paspor Amerika Serikat, dan Perancis. “Kalau hanya dua kasus itu kemudian pemerintah dan DPR RI mau merevisi, sementara hal itu akibat kelalaian istana kepresidenan dalam merekrut pejabat publik,” tegasnya.

Padahal, lanjutnya, dalam UU No. 39 tahun 2008 tentang kementerian negara sudah tegas harus WNI. Bagaimana kinerja BIN, kepolisian dan lain-lain. Seharusnya kata Syafi’ie bukan merevisi, melainkan merapikan dan mendisiplinkan tugas-tugas di lingkungan istana kepresidenan dalam merekrut pejabat negara. “Jangan seperti akrobatik. Dimana yang namanya pejabat negara itu dibutuhkan nasionalisme, sehingga tidak harus menunggu proses seseorang menjadi WNI untuk memberikan kontribusi kepada Indonesia,” ujarnya.

Sementara itu, Andreas Parera melihat masalah dwi kewarnegaraan itu sebagai fenomena diaspora yang terjadi secara universal. Dimana WNI yang ada di luar negeri dan menjadi WNA ingin kembali mengabdi ke tanah airnya atas kemampuan yang dimiliki. “Ini bukan masalah baru. Tapi, akan berpengaruh besar untuk kemajuan suatu negara,” paparnya.

Menurut Andreas, kini ada 33 negara di dunia, yang warga negaranya menjadi negara asing. Khususnya dari Afrika, India, dan China yang pindah ke Eropa, Amerika Serikat, German dan negara lain. Afrika negara termiskin, sebanyak 16,5 % terjadi human capital flight ke Eropa dan Amerika Serikat. Dalam teori bipolar kata Andreas, karena negara asal tidak menarik, sedangkan negara tujuan sangat menjanjikan. “Berbeda dengan yang dari Timur Tengah, karena negaranya terus berperang, tidak nyaman, dan tidak ada jaminan keamanan,” jelasnya.

Saat ditanya bagaimana agar Indonesia bisa memanfaatkan WNI di luar negeri, Andreas menjelaskan kalaupun harus ada revisi, Indonesia harus tetap menganut sistem satu kewarganegaraan, bukan dwi kewarganegaraan. “Meski hukum harus mengikuti perkembangan dunia karena dunia sudah berubah, dengan memberikan hak-hak sosial, ekonomi, dan hak asasi manusia. Kecuali hak politik,” ungkap Andreas.

Hikmahanto juga menyatakan terkejut dengan pernyataan Presiden RI dan Ketua DPR RI, yang ingin memulangkan 74 professor di luar negeri, dengan merevisi UU Kewarganegaraan. “Padahal, tak ada kaitan masalah Archandra dan Gloria dengan UU Kewarganegaraan. Bahwa kedudukan menteri, pejabat public itu sebagai personifikasi negara, dan UU memerintahkan WNI. Kalau menjadi rektor UI itu tidak masalah,” tuturnya.

Kalaupun ditarik ke Indonesia kata Hikmahanto, bisa saja dan sudah diatur dalam UU Kewarganegaraan Pasal 20 dengan dasar pertimbangan orang yang berjasa, untuk kepentingan bangsa dan negara yang lebih besar, namun dengan pertimbangan dari DPR RI. Atau pasal 31 yang mengharuskan bermukim selama 5 tahun, dan 10 tahun tidak berturut-turut. “UU kita ini sudah maju dengan mengakomodir hasil perkawinan campur sampai dengan usia 18 tahun,” pungkas Hikmahanto. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

suspensi, BEI, Saham HITS, KJEN

BEI Bakal Delisting SUGI, Dapen Pertamina Nyangkut Hampir 2 Miliar Saham

JAKARTA-PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan bahwa saham PT Sugih

SHW Center: Pilih Pemimpin Yang Mendukung Sektor UMKM

JAKARTA-Pemerintah harus memastikan penyelenggaraan pemilu 2024 harus adil, transparan, akuntable