Astra Kembali Raih Indonesia Most Admired Companies

104

JAKARTA-PT Astra International Tbk untuk kali ketiga dinobatkan sebagai Fortune Indonesia Most Admired Companies pada peringkat pertama, menyandang predikat perusahaan yang paling dikagumi di Indonesia. Penghargaan yang sama diraih pada tahun 2012 dan 2013. PT Astra International Tbk juga meraih The First Winner In Cross-Sector Industry dan The First Winner In Miscellaneous Industry. Penghargaan ini diserahkan oleh Publisher Majalah Fortune Indonesia yang juga CEO Kompas Gramedia Agung Adiprasetyo kepada Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto di Jakarta,  Selasa (1/4).

Dua anak usaha Astra yaitu PT United Tractors Tbk dan PT Astra Agro Lestari Tbk juga menerima penghargaan The Best 20 of Most Admired Companies dan juga masuk dalam perusahaan yang paling dikagumi di industrinya masing-masing. “Salah satu kunci keberhasilan Astra dapat terus tumbuh dan langgeng adalah filosofi Astra, Catur Dharma sebagai dasar dari kerja keras dan kerja cerdas keluarga besar Astra yang saat ini berjumlah 197.434 karyawan dari 179 perusahaan. Ini adalah hasil kerjasama tim yang kuat, karena di Astra, tidak ada superman, yang ada adalah superteam. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak, terutama kepada Majalah Fortune Indonesia dan Hay Group yang telah melakukan survey ini,” ungkap Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto.

Empat butir dalam Catur Dharma yaitu Menjadi Milik Yang Bermanfaat Bagi Bangsa dan Negara, Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan, Saling Menghargai Individu dan Membina Kerjasama serta Senantiasa Berusaha Mencapai Yang Terbaik. Selain itu, Astra juga meyakini bahwa pendekatan 3 W (Winning Concept, Winning Team dan Winning System) yang mampu memperkuat dan menjadikan manajemen Grup Astra semakin solid.

Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto menambahkan: “Penghargaan ini merupakan masukan dan evaluasi bagi Astra untuk melihat kekurangan dan kelemahan sehingga dapat melakukan improvement dan inovasi di waktu yang akan datang. Sebagai aset nasional, Astra bersama Grupnya selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada para stakeholdernya, baik di bidang bisnis dan tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility).

Astra ingin menjadi perusahaan kebanggaan bangsa dan terus memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Indonesia.” Metode pemilihan 20 perusahaan yang paling dikagumi ini dipilih berdasarkan perusahaan yang terdaftar di Kompas 100 dari sembilan sektor industri dan ukuran pendapatan digunakan sebagai kriteria penyeleksian. Adapun sembilan kriteria yang digunakan, merujuk pada kriteria The World’s Most Admired Companies versi Fortune Amerika Serikat yakni kualitas manajemen, kualitas produk/jasa yang ditawarkan, inovasi, nilai sebagai investasi jangka panjang, posisi keuangan yang kuat, kemampuan menarik, mengembangkan dan mempertahankan karyawan berpotensi, tanggung jawab terhadap komunitas dan lingkungan, bijaksana dalam menggunakan aset perusahaan dan efektivitas dalam menjalankan bisnis secara regional.

PT Astra International Tbk (ASII) adalah sebuah perusahaan publik yang tergolong saham blue chip di Bursa Efek Indonesia (BEI). Harga saham ASII ditutup pada angka Rp 7.675 per saham (1 April 2014). Dengan harga tersebut kapitalisasi pasar ASII mencapai Rp 309,7 triliun atau terbesar di BEI. Sejak go public pada tahun 1990 hingga saat ini selalu menekankan pentingnya nilai-nilai yang terkandung dalam Catur Dharma Astra untuk berkiprah di enam lini bisnis yaitu Otomotif, Jasa Keuangan, Alat Berat & Pertambangan, Agribisnis, Infrastruktur & Logistik dan Teknologi Informasi.