Astra Visteon Rambah Vietnam

98

JAKARTA-PT Astra Otoparts Tbk membuktikan diri bukan jago kandang, bahkan merambah ke negara Asean, khusunya Vietnam. Melalui anak perusahaan yang bernama Astra Visteon Vietnam itu akan mulai beroperasi pada 2017. “Astra Visteon Indonesia, perusahaan patungan antara Visteon Corporation dan PT Astra Otoparts Tbk yang fokus pada produk instrument cluster dan multi-function display,” kata Direktur PT Astra Otopart Hugeng Gozali dalam siaran persnya di Jakarta, Kamis (20/4/2017).

Dari keterangan resmi perusahaan, Selasa (18/4), perusahaan itu didirikan pada 31 Maret 2017 berdasarkan dokumen Enterprise Registration Certificate yang diterbitkan oleh Vinh Phuc Department of Planning and Investment Pemerintah Republik Sosialis Vietnam.

Di tahap pertama ini, lanjut Hugeng, Astra Visteon Vietnam berdiri di lahan seluas 880 meter persegi yang berlokasi di Phuc Yen Town Vinh Phuc, Hanoi. “Perusahaan ini akan menjadi pemasok instrument cluster, connectivity solutions dan information display untuk kendaraan roda dua,” tambahnya.

Pendirian anak usaha ini dilakukan untuk mendukung pertumbuhan bisnis secara internasional dan mendukung Honda Vietnam atas kebutuhan instrument cluster. Apalagi, pasar kendaraan di negara tersebut terus menunjukkan tren positif dalam beberapa tahun.

Visteon Corporation adalah perusahaan global yang mendesain dan memproduksi produk-produk kokpit elektronik inovatif dan connected car solutions untuk sebagian besar produsen kendaraan di dunia. “Perusahaan ini menyediakan instrument clusters, head-up displays, information displays, infotainment, audio system, dan komponen sejenis lainnya,” jelasnya.

Adapun PT Astra Visteon Indonesia merupakan perusahaan patungan 50:50 antara Visteon dan Astra Otoparts yang didirikan pada April 2011. Ini merupakan perusahaan manufaktur dan pemasok produk-produk automotive electronic instrument cluster dan multifunction display untuk kendaraan roda dua dengan pelanggan utama PT Astra Honda Motor.