Automechanika 2016: Indonesia Bukukan Transaksi USD 1,1 Juta

Automechanika 2016: Indonesia Bukukan Transaksi USD 1,1 Juta

0
BERBAGI

DUBAI-Perusahaan-perusahaan otomotif asal Indonesia mampu membukukan transaksi sebesar USD 1,1 juta pada pameran Automechanika 2016 di Dubai, Uni Emirat Arab. Pameran yang diselenggarakan pada 8-10 Mei 2015 di Dubai World Trade Center merupakan pameran produk spareparts otomotif terbesar di Uni Emirat Arab.

Pameran yang berlangsung ke-14 kalinya ini menjadi salah satu sarana untuk mendorong ekspor produk-produk otomotif Indonesia. “Pameran Automechanika 2016 ini sukses mendongkrak ekspor produk-produk otomotif Indonesia,” jelas Kepala ITPC Dubai, Gusmalinda Sari seperti dikutip dari situs kemendag di Jakarta, Selasa (31/5).

Beberapa perusahaan asing yang bertransaksi dengan perusahaan asal Indonesia, antara lain berasal dari Afrika, Bahrain, Saudi, Iran, India, Pakistan, Afganistan, dan Oman. Bahkan, pengusaha dari Pakistan dalam waktu dekat akan meninjau langsung ke pabrik Supreme Belting di Indonesia. Dalam pameran tersebut ITPC Dubai memfasilitasi dua perusahaan asal Indonesia yaitu PT. Selatan Jadi Jaya yang membawa produk VLRA baterainya. Satu lagi yaitu PT. Buatama Metalindo yang menawarkan produk filter udara bermerek Union untuk mobil kecil hingga truk besar.

Selain itu, terdapat tiga perusahaan Indonesia yang mengikuti pameran ini secara mandiri. Ketiga perusahaan ini menawarkan produk belt karet untuk otomotif (PT. Supreme Belting Indonesia), produk filter kendaraan (PT. Jimco Sukses Indonesia), dan produk rubber lining dan solid tire (PT. IRC Inoac Indonesia). Automechanika 2016 dikunjungi sekitar 30.000 trader dan buyer dari 119 negara. Pameran ini diikuti oleh 2017 peserta dari 58 negara di seluruh dunia. Secara total terdapat 25 paviliun negara dan 40 International Trade Association turut meramaikan pameran ini.

Business Matching

Di sela pameran berlangsung, ITPC Dubai melakukan business matching antara PT. Selatan Jadi Jaya (SJJ) dengan salah satu buyer potensial yaitu DTHI LLC, Iran pada Senin, (9/5). Pada pertemuan tersebut Export Manager dari PT. SJJ memberikan presentasi di depan DTHI LLC yang diwakili oleh Managing Director Mr. Bijan Sheibani dan General Manager Mr. Rishi Bhojwani. Dalam presentasi tersebut dijelaskan profil perusahaan, jenis dan varian produk, klien, dan peluang produk PT. SJJ di pasar Iran.

Selain itu, pihak DTHI LLC menanyakan beberapa hal teknis seperti berapa kapasitas produksi, harga, dan ampere aki yang diproduksi oleh PT. SJJ. Pihak DTHI LLC menyambut baik dan akan menindaklanjuti dalam jangka waktu 10 hari setelah pertemuan. Selanjutnya DTHI LCC berencana memulai pemesanan perdana produk aki PT. SJJ untuk dipasarkan ke wilayah Iran. Business matching lainnya diselenggarakan pada Rabu, (11/5) antara PT. SJJ dengan salah satu buyer potensial Lizzaik General Trading Establishment LLC. Pihak Lizzaik General Trading Establishment LLC menyatakan ketertarikannya dan memang sedang dalam tahap pembuatan divisi khusus untuk trading komponen otomotif termasuk aki. Lizzaik General Trading Establishment LLC memiliki jaringan distribusi dan perdagangan untuk beberapa wilayah Timur Tengah termasuk sarana pergudangan, kantor, dan sumber daya manusia. Dalam waktu dekat setelah menerima masukan dari divisi research & development, pihak Lizzaik General Trading Establishment LLC akan merealisasikan kerja sama bisnisnya dengan PT. SJJ Indonesia.