Bagikan Makanan Tambahan ke Bumil, Presiden Doakan Anak-Anak Lahir Normal

47
Presiden Jokowi menyaksikan seorang siswa SD menjawab pertanyaannya, saat membagikan PMT, di TPI Kampung Landangan Pesisir, Kapongan, Situbondo, Jatim, Rabu (14/9)

SITUBONDO-Presiden Joko Widodo membagikan makanan tambahan kepada sejumlah ibu hamil (Bumil) saat mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kampung Landangan Pesisir di Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Rabu (14/9). Secara khusus, Presiden mendoakan agar anak-anak yang dilahirkan nanti normal dan pintar. “Saya berharap anak-anak yang dikandung ibu-ibu hamil akan lahir dalam kondisi normal dan pintar semua,” ujar Presiden seusai  menyaksikan latihan tempur dengan nama sandi Armada Jaya XXXIV/2016 di atas Geladak KRI Banjarmasin-592, di Laut Jawa utara Madura, Rabu (14/9).

Kunjungan ini dalam rangka Program Perbaikan Gizi melalui Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk Ibu Hamil, Anak Balita, dan Anak Sekolah.

Setelah menyerahkan bantuan berupa biskuit kepada perwakilan warga, Presiden Jokowi berpesan kepada ibu hamil agar rutin memakan biskuit yang dibagikannya.  “Untuk triwulan yang pertama, hanya 2 keping per hari. Jangan kebanyakan.  Yang paling penting anak itu harus sehat,” ujarnya.

Kemudian pada bulan 4, 5, 6, 7, sampai dengan bulan ke 9, lanjut Presiden setiap hari makan 3 keping. “Ingat, 3 keping. Jangan keliru,” pesan Presiden.

Adapun untuk balita yang sudah lahir, Presiden Jokowi berpesan agar balita yang berusia 6 – 11 bulan makan 8 keping per hari. Sedangkan yang umur 12 bulan atau  1 sampai dengan 5 tahun makan biskuit 12 keping per hari. “Saya harapkan nanti kalau sudah makan ini, anak-anak kita semuanya pada posisi normal. Jangan kayak ini, kurus kaya saya. Tuh juga kurus,” kata Presiden sambil menunjuk beberapa anak sekolah yang hadir.

Untuk anak-anak sekolah, Presiden mengingatkan, agar makanan tambahan yang diberikannya dimakan setiap hari 6 keping. “Pagi boleh 2, siang 2 malam 2. Pokoknya enam,” kata Presiden.

Setelah memberikan beberapa pesan, Presiden membagikan sepeda kepada seorang anak sekolah, ibu hamil, dan ibu beserta balitanya. Namun mereka harus menjawab pertanyaan dari Presiden terlebih dahulu, seperti menghapal Pancasila dan menyebutkan makanan yang mengandung protein.

Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek dalam laporannya mengatakan, kedatangan Presiden ke Situbondo untuk mengetahui keadaan gizi dari masyarakat, khususnya di kabupaten Situbondo, kecamatan Kapongan.

Ia menyebutkan, khusus di Kecamatan Kapongan, Situbondo,  angka kematian ibu hamil 0, angka kematian balita 4, dan anak yang kekurangan gizi ada 230 dari 2.337 anak.