Bank Andara Bantu LKM Tingkatkan Kapasitas

43

SEMARANG-Bank Andara melalui program Strategi Peningkatan Daya Saing Lembaga Keuangan Mikro (LKM) menyelenggarakan ”Pelatihan Pembuatan Business Plan” untuk LKM di wilayah Jawa Tengah. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pedoman dalam membantu LKM mempersiapkan rencana kerja strategis dan operasional serta memperkenalkan lembar kerja proyeksi keuangan.

Pelatihan diikuti oleh 31 orang peserta yang terdiri Direktur BPR dan Manager Koperasi/LKM yang telah menjadi mitra Bank Andara maupun calon mitra Bank Andara. Pelatihan berlangsung selama 4 (empat) hari mulai Selasa hingga Jumat (3-6/9) bertempat di Hotel Ciputra, Semarang.

Institutional Banking Head Bank Andara Daroe Handojo, menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan upaya dan wujud komitmen Bank Andara untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan serta kualitas manajemen LKM terutama dari sisi sumber daya manusia (SDM) agar bisa bersaing dengan lembaga keuangan formal lainnya. “Selain itu, masih banyaknya penduduk Indonesia yang masih belum atau kurang mendapatkan akses produk dan jasa keuangan merupakan tantangan yang cukup berat bagi LKM untuk bisa menjangkau serta melayani segmen tersebut dengan baik. Oleh sebab itu, peningkatan kompetensi serta kapasitas SDM LKM mutlak dibutuhkan,” imbuh Daroe.

Dalam pelatihan ini, peserta pelatihan diberikan materi yang terkait dengan pengembangan rencana keuangan serta mengartikulasi rencana strategis dan operasional untuk mengakomodasi persyaratan dan peraturan pemerintah yang berlaku.

Pelatihan Pembuatan Business Plan ini merupakan salah satu dari program Strategi Peningkatan Daya Saing LKM. Secara keseluruhan ada lima topik pelatihan yang akan digelar oleh Bank Andara untuk LKM diantaranya Microfinance Management Development Program (MMDP), Risk Awareness, Business Plan, Leadership and Motivation, dan Asset & Liabilities Management. Program ini akan berlangsung hingga enam bulan ke depan yaitu hingga bulan Februari 2014 dan akan diselenggarakan di empat cabang Bank Andara yaitu Jakarta, Denpasar, Semarang dan Surabaya.