Bank Andara Peroleh Pinjaman US$18,5 Juta

Tuesday 2 Oct 2012, 1 : 07 pm
by
Bank Andara

JAKARTA-Bank Andara memperoleh pinjaman dana dari dua lembaga keuangan internasional, Citi Indonesia dan Overseas Private Investment Corporation (OPIC) guna mendanai pertumbuhan dan strategi pembiayaan mikro.

Adapun kesepakatan pinjaman itu senilai US$18,5 juta

President Director Bank Andara, David Yong, mengatakan perjanjian fasilitas kredit ini membuktikan dukungan dan kepercayaan yang kuat OPIC dan Citi Indonesia kepada Bank Andara dalam melaksanakan misi Penyertaan Keuangan (Financial Inclusion) melalui penerapan model Wholesale Financial Institutions (LKM) secara eksklusif.

“Indonesia merupakan negara berkembang yang saat ini menjalani pertumbuhan yang pesat di sektor pembiayaan mikro,” ujarnya.

Diakui David, meski sektor keuangan mikro di Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di dunia.

Namun Bank Dunia memperkirakan hanya 9% dari orang Indonesia yang mengakses pinjaman dari lembaga formal pada tahun lalu.

“Selain itu, karena kurang dari 50% penduduk Indonesia saat ini tak memiliki akses ke sistem keuangan,” ungkapnya.

Oleh karena itulah, lanjut David, Bank Andara secara unik menekankan pada akses pendanaan dan teknologi inovatif serta pelatihan kepada institusi keuangan mikro dan perbankan di daerah agar dapat melayani nasabah yang semakin banyak dan dan dapat mencapai jangkauan yang lebih luas dari para pesaing.

“Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan mitra OPIC untuk memperluas financial inclusion di Indonesia,” paparnya

Sementara menurut Head of Corporate and Investment Citi Indonesia, Kunardy Lie mengungkapkan sektor mikro ini memiliki peluang dan potensi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Kita menyadari masih ada jutaan usaha kecil yang tidak memiliki akses perbankan, pembiayaan atau pembiayaan mikro,” ungkapnya.

Lebih jauh kata Kunardy, pinjaman ini merupakan kelanjutan dan konsistensi komitmen Citi Indonesia dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Melalui Bank Andara yang fokus dalam memberikan pinjaman mikro dan komit menjangkau populasi yang belum mendapatkan layanan perbankan.

“Kami yakin upaya ini akan menciptakan pertumbuhan progresif kepada usaha kecil di Indonesia untuk berkembang lebih lanjut,” tambahnya.

Don't Miss

Ganjar Usulkan Nama Bansos Jadi Bantuan Kesra

JAKARTA – Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengusulkan

Begini Penilaian Xavi Hernandez Tentang Kemenangan Barcelona Atas Levante

VALENCIA-Ada satu hal penting yang dilihat pelatih Barcelona Xavi Hernandez