Bank DBS Indonesia dan PT STI Tandatangani Pembiayaan Ekspor

54
MoU
Director PT Bank DBS Indonesia, Rudy Tandjung dan Director PT Sumatera Timberindo Industry, Hidayat Ang sedang menandatangani perjanjian pinjaman pembiayaan ekspor terkait keberlanjutan kepada STI di Medan (23/7).

MEDAN-Bank DBS Indonesia bekerja sama dengan PT Sumatera Timberindo Industry (STI/ ’Wira Door’), produsen pintu mebel kayu premium untuk menandatangani pembiayaan ekspor dan pinjaman untuk usaha ramah lingkungan (export financing sustainability-linked loan, yang pertama di kelasnya. Keduanya, berkomitmen untuk terus mendukung upaya perusahaan menjalankan usaha mereka secara ramah lingkungan

DBS mengevaluasi pinjaman berdasarkan target untuk mendapatkan kayu dan bahan baku dari sumber yang disertifikasi oleh Forest Stewardship Council (FSC). Tingkat bunga pinjaman pembiayaan ekspor untuk usaha ramah lingkungan akan dikurangi untuk setiap pengiriman bahan baku yang memiliki sertifikasi FSC, membuktikan bahwa bahan baku berasal dari sumber yang bertanggung jawab.

STI adalah perusahaan yang telah meraih sertifikat FSC yang berfokus pada pengadaan, pembuatan dan ekspor produk berkelanjutan. STI pertama kali menerima sertifikasi Chain of Custody (CoC) FSC pada 2008 dari SGS Indonesia, anak perusahaan dari perusahaan inspeksi, verifikasi, pengujian dan sertifikasi terkemuka dunia.

Direktur PT Sumatera Timberindo Industry, Hidayat Ang, mengatakan produk berkualitas tinggi, yang diproses secara bertanggung jawab dan berkelanjutan, dan akan menjadi sebuah jalan bisnis di masa depan.

“Untuk produsen seperti kami, sertifikasi FSC penting karena mengacu pada nilai dasar kami untuk beroperasi secara berkelanjutan dan bertanggung jawab. Produk kami dibuat secara bertanggung jawab pada setiap tahapan produksi dari hutan hingga toko,” jelasnya.

“Produk-produk premium kami diproduksi secara sadar lingkungan, dengan berpegang teguh pada hak-hak tradisional dan sipil, dan tidak mengancam kawasan bernilai konservasi tinggi. Terlebih lagi, pelanggan saat ini lebih sadar lingkungan dan ingin diyakinkan bahwa produk dan layanan yang mereka peroleh memenuhi hal tersebut,” tambahnya.

Hidayat melanjutkan, sinergi STI dengan DBS dalam memajukan upaya bisnis yang berkelanjutan tidak hanya mendukung pertumbuhan jangka panjang perusahaan tetapi juga memberdayakan masyarakat dan komunitas setempat untuk melakukan sesuatu yang baik bagi lingkungan.