Bank Dunia : Ekonomi Indonesia Tumbuh Melebihi 5,02%

Wednesday 22 Mar 2017, 5 : 46 pm
Marigold Condominium di BSD City, Kota Tangerang Selatan, Banten

JAKARTA-Bank Dunia memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa mencapai sebesar 5,2 persen di 2017. Bahkan bisa lebih tinggi dari realisasi sepanjang 2016 yang mencapai 5,02 persen. “Setelah mencapai pertumbuhan yang kuat pada 2016, proyeksi ekonomi Indonesia untuk 2017 akan positif,” kata Kepala Perwakilan Bank Dunia di Indonesia, Rodrigo Chaves di Jakarta, Rabu, (22/3/2017).

Menurut Rodrigo, salah satu faktor pendorong pertumbuhan itu adalah konsumsi rumah tangga yang naik karena rupiah yang stabil mampu meningkatkan kepercayaan konsumen. Dalam laporan tersebut juga dijelaskan upah riil yang lebih tinggi dan angka pengangguran yang terus menurun memberikan dukungan bagi peningkatan daya beli konsumen. “Indonesia akan terus merasakan manfaat dari kelanjutan reformasi struktural,” ujarnya.

Pertumbuhan investasi swasta juga diperkirakan meningkat oleh karena harga komoditas yang sudah pulih kembali. Harga komoditas yang lebih tinggi juga akan mengurangi kendala fiskal dan meningkatkan belanja pemerintah.

Bank Dunia merekomendasikan perlu ada semangat dalam menjaga perekonomian pada lajur perubahan struktural yang terus-menerus dilakukan untuk dapat lebih meningkatkan potensi pertumbuhan ekonomi. “Juga harus memastikan pertumbuhan ekonomi berjalan inklusif, sehingga memberi peluang bagi seluruh rakyat,” imbuhnya.

Risiko Penurunan

Dalam kesempatan yang sama, Rodrigo juga menjelaskan ketidakpastian global serta dinamika fiskal masih membawa risiko penurunan pertumbuhan.
Faktor ketidakpastian global tersebut antara lain terkait hasil pemilihan umum di negara-negara Eropa di tengah meningkatnya sentimen proteksionisme.
Selain itu, normalisasi moneter oleh Bank Sentral (Federal Reserve) Amerika Serikat dan peningkatan suku bunga Federal antarbank (Fed Funds Rate) juga perlu menjadi perhatian.

Rodgrigo mengatakan dinamia politik global tersebut dapat memengaruhi arus perdagangan global. Misalkan muncul hambatan perdagangan antara AS dan China, maka hal tersebut akan berdampak ke Indonesia.
Bank Dunia menilai ketidakpastian di pasar keuangan dan modal dapat membebani pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam jangka menengah.

Selain itu, lanjutnya, peningkatan laju inflasi berkepanjangan dapat menyebabkan konsumsi menurun, yang mengakibatkan pertumbuhan output yang lebih rendah. Bank Dunia meramalkan inflasi akan naik untuk sementara menjadi 4,3 persen (2017) dari 3,5 persen (2016) akibat tarif listrik dan pajak kendaraan bermotor.

Neraca defisit berjalan juga diperkirakan berada di titik terendah dalam lima tahun terakhir, yaitu sebesar 1,8 persen dari PDB, tidak berubah dari 2016, akibat harga komoditas yang lebih tinggi. Sementara itu, defisit anggaran pemerintah pusat diproyeksikan naik menjadi 2,6 persen dari PDB, sebagian karena tingginya belanja investasi. ***

Don't Miss

Bank BSI Catat Laba Rp 742 Miliar, Naik 12,85% di Triwulan 1 2021

JAKARTA-PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mencatatkan Laba Bersih Rp742

Peta Politik Berubah, Setnov Menguat di Munaslub

JAKARTA-Gerilya para caketum Partai Golkar makin kencang dan tak bisa