Banyak Calon Pemimpin Bangsa “Bermasalah”

Monday 5 Nov 2012, 11 : 42 am
by
AM Fatwa

JAKARTA-Tampaknya sulit mencari pemimpin yang bisa menjadi teladan bagi rakyat.

Alasanya banyak calon pemimpin yang berlomba menjadi pemimpin. Namun tak mengukur diri.

Bahkan sebenarnya memiliki masalah.

“Saya kira sekarang banyak orang berlomba menjadi pemimpin, tetapi tak mengukur dirinya, bahwa dirinya bermasalah. Karena bagaimana mau menyelesaikan masalah rakyat, sementara dirinya sendiri bermasalah. Jadi dirinya dulu yang harus diselesaikan,” kata anggota DPD AM Fatwa dalam diskusi Dialog Pilar Negara mengambil tema “Pahlawan, Dulu dan Kini” di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin (5/11) kemarin.

Menurut senator dari daerah pemilihan DKI Jakarta ini, jika yang muncul adalah calon pemimpin yang bermasalah dengan dirinya sendiri, maka bisa dipastikan, pemimpin yang terpilih itu sibuk menyelesaikan masalah pribadinya sendiri.

“Saya yakin kalau terpilih pemimpin yang bermasalah itu, hanya sibuk menyelesaikan masalahnya sendiri,” kata mantan Wakil Ketua MPR dan Wakil Ketua DPR ini.

Sejarawan Anhar Gonggong menilai saat ini sejumlah pemimpin yang muncul di era sekarang bukanlah pemimpin nilai-nilai kepahlawanan.

“Jadi pemimpin pahlawan seperti di era kemerdekaan seperti Bung Karno, Bung Hatta, Dr Leimena, tidak ada. Yang ada hanya tokoh,” ujarnya.

Menurut Anhar, pemberian gelar pahlawan, pada hakikatnya bertujuan agar nilai-nilai pahlawanan seseorang bisa menjadi contoh, motivasi, teladan dan refleksi dari sikap jika kepahlawanan.

“Karena ada dasarnya pahlawan itu adalah orang yang mampu berbuat sesuatu yang melampaui dirinya sendiri dan berbuat hal besar yang berguna bagi orang banyak,” kata Anhar.

Don't Miss

“Etik Ndasmu” Cerminan Karakter Asli Prabowo yang Haus Kekuasaan

JAKARTA-Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menilai, Prabowo Subianto adalah sosok

Butuh Modal Kerja, Royaltama Mulia Incar Dana IPO Maksimal Rp112,5 Miliar

JAKARTA-Perusahaan jasa penunjang pertambangan dan penyewaan alat berat, PT Royaltama