Baru Lantik Pejabat

Tuesday 26 Feb 2013, 2 : 31 pm
by
Gubernur Jawa Timur, Soekarwo

SURABAYA -Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan menyiapkan rancangan pengisian jabatan sistem terbuka di tingkat eselon sesuai dengan surat keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara No 16 tahun 2012 setelah Senin awal pekan ini melantik pejabat baru. Hal tersebut diungkapkan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo kepada wartawan di Surabaya kemarin. “Ada surat keputusan Menpan No 16 tahun 2012, yaitu setiap pengisian jabatan nanti harus diumumkan secara terbuka kepada PNS, kemudian diseleksi dan mungkin tahapan baru tidak seperti saat ini,” ujar dia, Selasa (26/02).

Sistem baru pergantian pejabat ini, lanjutnya, dilakukan secara terbuka karena harus diumumkan dan diketahui oleh seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan salah satu syaratnya adalah tes psikologi yang lebih mengedepankan dedikasi, loyalitas, kompentensi dan prestasi. “Sistem yang akan dijalankan dalam pengisian jabatan di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur adalah benar-benar hasil dari seleksi dan tes psikologi yang memenuhi persyaratan diantaranya adalah penilaian dedikasi, loyalitas, kompetensi dan prestasi,” papar Karwo seraya menambahkan bahwa yang bisa dilakukan pada awal tahapan nanti adalah soal dedikasi, loyalitas, dan tes psikologi.

Apakah calon pejabat ini memiliki dedikasi dan loyalitas, kata dia, seperti halnya yang saat ini dilakukan RSUD Dr.Soetomo yang melakukan tes Psikologi untuk pejabat eselon II.

Soekarwo menambahkan bahwa untuk pengisian jabatan yang perlu diperhatikan adalah pentingnya pejabat memiliki dedikasi dan loyalitas yang sangat tinggi disamping pejabat tersebut mempunyai kompetensi dan prestasi. ”Cerdas itu penting, tetapi jika tidak punya dedikasi dan loyalitas itu tidak bagus. Dia harus bangga menjadi pegawai Pemda Provinsi Jawa Timur,” tambah orang nomor satu di Jatim ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Sambut Ramadan, BNI Siapkan Berbagai Promo Menarik untuk Nasabah

JAKARTA-PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) menyambut bulan Ramadan

Harga BBM Non Subsidi Turun

JAKARTA-Seiring dengan turunnya harga rata-rata minyak mentah dunia dan penguatan