BI-BoJ Tanda Tangani Amandemen Bilateral Swap Arrangement

Monday 15 Oct 2018, 5 : 46 pm
by

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) dan Bank Sentral Jepang (Bank of Japan), yang bertindak sebagai agen Kementerian Keuangan Jepang, telah menandatangani amandemen perjanjian kerja sama Bilateral Swap Arrangement (BSA) pada tanggal 14 Oktober 2018.

Penandatanganan tersebut dilakukan di tengah rangkaian pelaksanaan pertemuan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali. Amandemen perjanjian kerja sama ini memungkinkan Indonesia untuk melakukan swap mata uang Rupiah dengan US Dollar dan/atau Japanese Yen, dari yang sebelumnya hanya US Dollar. Sebagaimana perjanjian sebelumnya, nilai fasilitas swap masih sama, yaitu sampai dengan USD 22,76 miliar.

Amandemen perjanjian kerja sama BSA ini mencerminkan penguatan kerja sama keuangan bilateral antara Indonesia dan Jepang. Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menilai kerja sama ini akan berkontribusi positif terhadap upaya menjaga stabilitas di pasar keuangan, mendorong penggunaan mata uang lokal kedua negara di Asia dalam jangka menengah, dan selanjutnya mendorong pertumbuhan ekonomi dan perdagangan antara Indonesia dan Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

suspensi, BEI, Saham HITS, KJEN

Ditopang Kenaikan Penjualan, Laba Bersih ICBP Tumbuh 31% Jadi Rp6,59 Triliun

JAKARTA-Sepanjang 2020, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) berhasil

Danamon Terpilih Sebagai Salah Satu dari 50 Emiten Terbaik Asia Tenggara

JAKARTA-PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. (Danamon) meraih penghargaan ASEAN Corporate