BI dan Bundesbank Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Bilateral

19
Gubernur BI , Agus D.W. Martowardojo, dan President Deutsche Bundesbank, Mr. Jens Weidmann.

BASEL-Bank Indonesia (BI) dan Bundesbank sepakat untuk meningkatkan kerja sama bilateral antar kedua bank sentral, yang selama ini telah terjalin baik. Peningkatan kerja sama dituangkan ke dalam nota kesepahaman, yang ditandatangani oleh Gubernur BI , Agus D.W. Martowardojo, dan President Deutsche Bundesbank, Mr. Jens Weidmann. Demikian keterangan tertulis Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara, Senin (27/7).

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan di Basel, Switzerland, 26 Juni 2016, pada pertemuan bilateral dalam rangkaian pertemuan tahunan Bank for International Settlement (BIS). Hal in menandai komitmen bersama untuk meningkatkan kerja sama ke depan dalam kerangka yang lebih komprehensif, terstruktur dan sistematis (Structured Bilateral Cooperation).

Menurut AGus, kerja sama  BI dan Bundesbank telah terjalin dengan sangat baik sejak 2008 khususnya dalam bentuk peningkatan kapasitas (capacity building program). Mempertimbangkan adanya potensi penguatan dan perluasan kerja sama ke depan, kedua bank sentral sepakat untuk memperluas kerja sama, hingga mencakup diskusi kebijakan serta penyelenggaraan riset dan seminar bersama. Topik kerja sama akan berkisar pada bidang tugas bank sentral, yaitu kebijakan moneter, kebijakan makroprudensial, stabilitas sistem keuangan, serta sistem pembayaran dan setelmen. “Dengan adanya peningkatan kerja sama, pemahaman publik mengenai isu kebanksentralan diharapkan dapat meningkat. Kerja sama juga diharapkan dapat saling menguntungkan bagi peningkatan kapasitas kedua bank sentral serta memperkuat hubungan ekonomi antar negara,” pungkasnya.