BI Dirikan Kantor Perwakilan di Kaltara

BI Dirikan Kantor Perwakilan di Kaltara

0
BERBAGI
Deputi Gubernur BI, Hendar

TARAKAN-Bank Indonesia (BI) mendirikan kantor perwakilan di Kalimantan Utara (KPw BI Kaltara), yang rencananya akan mulai beroperasi pada tahun 2017.

Deputi Gubernur BI, Hendar berharap keberadaan KPw BI Kaltara dapat berperan sebagai mitra kerja strategis bagi Pemerintah Daerah, terutama dalam memberikan rekomendasi kebijakan yang dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, mengembangkan sektor ekonomi baru yang potensial, dan pemerataan pertumbuhan ekonomi di Kaltara. “KPw BI Kaltara ini diharapkan mendung pertumbuhan ekonomi di Kaltra,” ujar Deputi Gubernur BI, Hendar yang hadir di Tarakan untuk melakukan ground breaking pembangunan gedung Kantor Perwakilan BI Kaltara, Senin (24/10).

Dewan Gubernur BI juga telah melantik Hendik Sudaryanto sebagai Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Kaltara pada tanggal 17 Oktober 2016. Selain bertugas memantau proses pembangunan gedung, Hendik sudah dapat menjalankan funsgi koordinasi dengan berbagai stakeholders di Kaltara.

Lebih lanjut Deputi Gubernur Hendar mengatakan bahwa dalam setiap pengambilan kebijakan, BI  juga membutuhkan informasi, data, dan gambaran utuh kondisi perekonomian, tidak hanya dari aspek global dan nasional, namun juga aspek ekonomi daerah.

Untuk itu, keberadaan BI di berbagai daerah menjadi penting untuk mendukung pelaksanaan kebijakan tersebut, selain untuk membangun kemitraan strategis dengan para pemangku kepentingan di daerah.

Kemitraan dapat mendukung penyediaan data dan informasi, serta membangun sinergi dan kerjasama pelaksanaan program-program ekonomi. “Atas dasar itulah, penguatan peran KPw BI di daerah menjadi salah satu agenda strategis Program Transformasi BI,” jelasnya.

Provinsi Kaltara adalah Provinsi termuda di Indonesia yang berdiri pada tanggal 25 Oktober 2012.

Sejak berdirinya Provinsi Kaltara, pelaksanaan peran, tugas dan fungsi BI dikoordinasikan dan dijalankan oleh KPw BI Provinsi Kalimantan Timur yang berkedudukan di Samarinda, didukung oleh KPw BI Kota Balikpapan.

Dengan berdirinya KPw BI Provinsi Kaltara, fungsi BI akan beroperasi penuh di Kaltara, meliputi fungsi moneter, fungsi pelaksanaan dan pengawasan sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah, surveillance sistem keuangan regional, statistik, pengembangan keuangan inklusif dan UMKM, serta komunikasi kebijakan.

Saat ini BI memiliki 46 Kantor Pewakilan di seluruh Indonesia, termasuk KPw Provinsi Kaltara, serta empat Kantor Perwakilan Luar Negeri di London, New York, Tokyo, dan Singapura. “Berdirinya Kantor Perwakilan BI Provinsi Kaltara diharapkan dapat mendukung semakin berkembangnya perekonomian di Kaltara dan perekonomian daerah secara umum,” pungkasnya.