BI Klaim Cadangan Devisa Relatif Stabil

Friday 6 Sep 2013, 6 : 03 pm
by
BI
ILUSTRASI

JAKARTA – Jumlah cadangan devisa pada akhir Agustus 2013 tercatat sebesar US$93,0 miliar, atau relatif stabil dari posisi pada akhir Juli 2013 sebesar US$92,7 miliar.

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan 5,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah.

Jika hanya dibandingkan dengan impor, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan 5,2 bulan impor.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Difi A. Johansyah menilai jumlah cadangan devisa tersebut masih cukup untuk menghadapi tekanan pada neraca pembayaran.

Namun demikian, masih tingginya tekanan dan ketidakpastian perekonomian global ke depan memerlukan langkah-langkah antisipasi baik dengan penguatan respon bauran kebijakan maupun ketahanan dalam menghadapi gejolak eksternal, termasuk bantalan kecukupan cadangan devisa secara berlapis (second line of defense).

“Dalam kaitan ini, sebagaimana telah diumumkan sebelumnya, bank sentral telah menandatangani perpanjangan Bilateral Swap Agreement (BSA) dengan Bank of Japan sebagai agen Menteri Keuangan Jepang sebesar US$12 miliar, berlaku efektif 31 Agustus 2013. Pembahasan untuk kerjasama serupa juga sedang dilakukan dengan bank-bank sentral di kawasan,” jelas dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

IHSG Terpangkas 0,79% ke Level 6.906,953

JAKARTA-Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup

IHSG Merosot 1,14% di Tengah Naiknya Indeks Bursa Asia

JAKARTA-Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup