BI: Konsumsi Masyarakat Menurun

Thursday 10 Oct 2013, 1 : 52 pm
by

JAKARTA-Hasil Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia (BI) pada bulan Agustus 2013 mengindikasikan penurunan konsumsi masyarakat.  Hal ini seejalan dengan prakiraan Bank Indonesia terkait pertumbuhan ekonomi yang melambat.

Siaran pers Departement Statistik Divisi Statistik Sektor Riil, BI mengatakan penurunan konsumsi masyarakat tercemin pada penurunan indeks penjualan riil secara bulanan pada Agustus 2013 sebesar 3,2% (mtm) dibanding Juli 2013 yang tumbuh sebesar 11,6% (mtm) seiring dengan kembali normalnya permintaan pascahari raya Idul Fitri. Penurunan penjualan terjadi pada semua kelompok barang, dengan penurunan terbesar terjadi pada kelompok sandang. Secara tahunan penjualan riil pada Agustus 2013 masih tumbuh sebesar 1,3% (yoy), namun jauh melambat baik dibandingkan pertumbuhan bulan sebelumnya (15,2%, yoy) ataupun periode yang sama tahun sebelumnya (10,6%, yoy).

Survei mengindikasikan penurunan konsumsi masyarakat yang semakin dalam pada September 2013. Indeks penjualan eceran riil diperkirakan turun sebesar 14,3% (mtm), lebih rendah dibandingkan penurunan penjualan pada Agustus 2013. Hal ini karena masyarakat diperkirakan cenderung untuk menahan atau mengurangi pengeluaran konsumsi pada September 2013 akibat tingginya pengeluaran saat bulan puasa dan hari raya Idul Fitri. Penurunan konsumsi masyarakat ini juga dikonfirmasi oleh penurunan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) dari 107,8 di bulan Agustus menjadi 107,1, namun masih berada pada level optimis (>100).

Survei terhadap prakiraan harga mengindikasikan meningkatnya tekanan kenaikan harga dari sisi pedagang pada 3 dan 6 bulan ke depan. Hasil survei menunjukkan indeks ekspektasi kenaikan harga dari sisi pedagang untuk 3 dan 6 bulan mendatang mengalami kenaikan, terutama pada barang-barang yang berbahan baku impor, terkait perkiraan pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap US Dollar. Sementara itu, tekanan kenaikan harga pada 3 bulan ke depan (Desember 2013) dari sisi konsumen juga diperkirakan menguat, terutama pada kelompok bahan makanan dan kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau seiring dengan meningkatnya permintaan sehubungan dengan hari Natal dan Tahun Baru. Sedangkan meningkatnya tekanan kenaikan harga pada 6 bulan ke depan (Maret 2014) lebih didorong oleh adanya pelaksanaan Pemilu mulai bulan April 2014.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Hasto: Parpol dan Relawan Kompak Menangkan Ganjar

JAKARTA-Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menegaskan partai politik (parpol) bersama

Menuai Harapan ke Jokowi-Ahok

JAKARTA-Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru, yakni