BI Luncurkan Dua Buku Ekonomi Keuangan Syariah

14
Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo

SURABAYA-Bank Indonesia (BI) meluncurkan 2 (dua) buku ekonomi keuangan syariah yang berjudul “Kebijakan Moneter Syariah dalam Sistem Keuangan Ganda: Teori dan Praktik” dan “Peta Keuangan Mikro Syariah Indonesia”.

Peluncuran buku dilakukan oleh Deputi Gubernur BI, Dody Budi Waluyo pada acara seminar dan peluncuran buku riset di Surabaya Rabu (12/12).

Penerbitan buku menjadi wujud tanggung jawab Bank Indonesia sebagai regulator untuk mendorong pembentukan lingkungan industri yang kondusif melalui penyusunan referensi-referensi edukasi secara umum, termasuk pemikiran-pemikiran baru dari hasil riset, dan menyediakan materi ajar berupa buku teks bagi kalangan civitas akademika di perguruan tinggi serta institusi pendidikan.

Kegiatan seminar dan peluncuran buku merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Festival Ekonomi Syariah Indonesia atau Indonesia Shari’a Economy Festival (ISEF) yang berlangsung 11 hingga 15 Desember 2018 di Surabaya.

Peluncuran dan kajian buku pada seminar hari ini sejalan dengan komitmen BI untuk mengembangkan pasar keuangan dan kebijakan moneter syariah serta menjadi bagian dari program edukasi oleh BI untuk memajukan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Paparan mengenai aspek teori ekonomi moneter yang dilengkapi dengan kerangka dan implementasi kebijakan moneter terkait ekonomi keuangan syariah di Indonesia, praktik di negara lain, dan arah pengembangan kebijakan moneter di Indonesia tertuang dalam buku “Kebijakan Moneter Syariah dalam Sistem Keuangan Ganda: Teori dan Praktik.”

Sementara buku tentang “Peta Keuangan Mikro Syariah Indonesia” memberikan gambaran mengenai keragaman lembaga keuangan mikro syariah di Indonesia yang merupakan adaptasi atas kebutuhan masyarakat terhadap layanan jasa keuangan syariah.

Sejalan dengan edukasi ekonomi keuangan syariah yang dilaksanakan, dalam Shari’a Fair yang menjadi salah satu kegiatan yang diangkat dalam ISEF 2018, Bank Indonesia menyelenggarakan research fair yang bertujuan untuk mendorong tumbuhnya budaya meneliti dengan standar internasional di kalangan para akademisi di tanah air.

Research fair meliputi berbagai acara talkshow bersama para pakar di bidang ekonomi dan keuangan syariah Indonesia dari kalangan perguruan tinggi, Majelis Sarjana Ekonomi Islam (MASEI), serta pakar dan penggerak awal kebangkitan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia. Selain itu, pengunjung research fair juga memiliki kesempatan belajar dan memperdalam ilmu dan pengetahuan, khususnya dalam melakukan riset melalui konsultasi secara langsung dengan para pakar riset BI (research clinic).

Komitmen BI untuk senantiasa memberikan edukasi seputar ekonomi keuangan syariah diharapkan dapat menambah khazanah keilmuan dan pengetahuan di bidang ekonomi dan keuangan syariah, dan memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat luas terutama dalam mendorong peningkatan kualitas sumber daya insani di bidang riset dan pembelajaran.