BI: Optimisme Konsumen Meningkat Pada Juni 2016

Tuesday 12 Jul 2016, 7 : 27 pm
by
Ilustrasi

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan bahwa optimisme konsumen pada Juni 2016 meningkat dari bulan sebelumnya. Hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juni 2016 yang tercatat sebesar 113,7, meningkat 1,6 poin dari bulan sebelumnya.  Demikian dikutip dari situs resmi BI di Jakarta, Selasa (12/7).

Sementara itu secara rata-rata, IKK triwulan II-2016 tercatat sebesar 111,6, lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata IKK triwulan sebelumnya (110,8) maupun dengan rata-rata IKK pada periode yang sama tahun sebelumnya (110,5).

Hasil survei juga menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga melambat pada September 2016. Hal ini terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang yang tercatat turun -14,9 poin menjadi 156,4. Melambatnya tekanan kenaikan harga diperkirakan terjadi pada hampir semua kelompok komoditas, dengan penurunan terbesar terjadi pada kelompok bahan makanan dan kelompok sandang.

Untuk kondisi 6 bulan mendatang (Desember 2016), konsumen memperkirakan kenaikan jumlah tabungan yang lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya. Posisi pinjaman 6 bulan mendatang juga diperkirakan lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Menteri Marwan Sharing Metode Promosi UKM Desa ke Filipina

FILIPINA-Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendesa PDTT) Marwan

Commonwealth Life Luncurkan Investra Link Extra

JAKARTA-Commonwealth Life meluncurkan Investra Link Extra, produk regular unit link