BI: Penjualan Eceran Maret 2016 Meningkat

Thursday 12 May 2016, 2 : 00 am
by

JAKARTA-Survei Penjualan Eceran Maret 2016 mengindikasikan bahwa secara tahunan penjualan eceran meningkat. Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Maret 2016 yang tumbuh 11,6% (yoy), lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan Februari 2016 yang sebesar 10,6% (yoy).

Keterangan tertulis Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) menjelaskan peningkatan pertumbuhan IPR Maret 2016 terjadi pada penjualan beberapa kelompok komoditas, dengan peningkatan pertumbuhan terbesar pada kelompok suku cadang dan aksesori, diikuti oleh kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya. “Secara regional, pertumbuhan penjualan eceran tertinggi terjadi di Bandung sedangkan pertumbuhan terendah terjadi di Banjarmasin,” demikian dikutip dari situs resmi BI, Rabu (11/5).

Meski masih tumbuh positif, penjualan eceran pada April 2016 diperkirakan tumbuh melambat (11,3%, yoy). Perlambatan terbesar diperkirakan terjadi pada penjualan komoditas peralatan informasi dan komunikasi. Selain itu, pada April 2016 diperkirakan masih terjadi kontraksi penjualan komoditas BBM (-14,8%, yoy) dan penjualan barang lainnya (-13,5%; yoy), terutama komoditas sandang.

Survei juga mengindikasikan bahwa tekanan kenaikan harga pada Juni 2016 diperkirakan meningkat seiring meningkatnya permintaan masyarakat pada bulan Ramadhan. Indikasi ini terlihat dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang yang tercatat sebesar 139,7 lebih tinggi dari 128,4 pada bulan sebelumnya. Namun demikian, tekanan kenaikan harga secara umum masih dalam tren menurun.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

DIM RUU Sumber Daya Air Diserahkan Ke Komisi V DPR

JAKARTA-Proses pembahasan Rancangan Undang-Undang Sumber Daya Air (RUU SDA) yang

MPR Berharap Sistem Ketatanegaraan Dikaji Serius

JAKARTA—Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR ) mengakui tidak mudah untuk mengkaji