BI: Surplus Neraca Perdagangan Meningkat

Monday 16 May 2016, 6 : 09 pm
by

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat surplus neraca perdagangan Indonesia meningkat. Hal ini ditopang oleh perbaikan ekspor beberapa komoditas andalan nonmigas. Dengan demikian, surplus neraca perdagangan pada April 2016 tercatat sebesar 0,67 miliar dolar AS, meningkat dibandingkan Maret 2016 yang sebesar 0,51 miliar dolar AS.

Direktur Eksekutif  Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara menjelaskan peningkatan surplus neraca perdagangan tersebut didorong oleh kenaikan surplus neraca perdagangan nonmigas yang melampaui peningkatan defisit neraca perdagangan migas.

Surplus neraca perdagangan nonmigas terus berlanjut pada April 2016 dan tercatat sebesar 1,14 miliar dolar AS, meningkat dibandingkan dengan surplus pada Maret 2016 sebesar 0,82 miliar dolar AS. “Meningkatnya surplus neraca perdagangan nonmigas tersebut dipengaruhi oleh penurunan impor nonmigas sebesar 3,4% (mtm) yang melampaui penurunan ekspor nonmigas sebesar 0,1% (mtm),” terangnya. Menurutnya, penurunan impor nonmigas terutama didorong oleh turunnya serealia, gula dan kembang gula, dan biji-bijian berminyak. Sementara itu, meningkatnya beberapa ekspor komoditas andalan nonmigas, seperti lemak dan minyak hewan/nabati, kendaraan dan bagiannya, mesin-mesin/pesawat mekanik, dan alas kaki, dapat menahan penurunan ekspor nonmigas.

Di sisi migas, defisit neraca perdagangan migas meningkat dari 0,3 miliar dolar AS di Maret 2016 menjadi 0,5 miliar dolar AS pada April 2016. Peningkatan defisit neraca perdagangan migas tersebut dipengaruhi oleh penurunan ekspor migas sebesar 28,4% (mtm), terutama ekspor minyak mentah dan gas, yang lebih besar dari penurunan impor migas sebesar 12,3% (mtm).  “Ke depan, kinerja neraca perdagangan diperkirakan tetap positif dalam mendukung transaksi berjalan berada pada level yang berkesinambungan,” tuturnya.

Selain itu jelasnya, BI akan terus mencermati perkembangan ekonomi global dan domestik yang dapat memengaruhi kinerja neraca perdagangan serta mengupayakan agar kegiatan ekonomi domestik terus berjalan dengan baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BJB Banten dan Bank Jatim Tumbuh Significan

JAKARTA—Hanya dua Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang dinilai memiliki kinerja

Menteri ESDM Jero Wacik Resmi Tersangka

JAKARTA-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi menetapkan Menteri Energi dan Sumber