BI Tahan BI Rate di 5,75%

Thursday 11 Apr 2013, 5 : 12 pm
by

JAKARTA-Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 11 April 2013 memutuskan untuk mempertahankan BI Rate pada level 5,75%.  Ini berarti sudah 14 bulan bank sentral mempertahankan BI Rate sejak Februari 2012.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Darmin Nasution mengatakan tingkat BI Rate tersebut dinilai masih konsisten dengan sasaran inflasi tahun 2013 dan 2014, sebesar 4,5% ± 1%. “Mencermati meningkatnya tekanan inflasi jangka pendek harga bahan pangan (volatile foods) akhir-akhir ini dan masih berlanjutnya tekanan terhadap keseimbangan eksternal,” ujar Gubernur BI, Darmin Nasution di Jakarta, Kamis (11/4)

Untuk itu kata dia, BI  akan memperkuat operasi moneter melalui penyerapan ekses likuiditas yang lebih besar ke tenor yang lebih jangka panjang. “BI juga tetap mewaspadai sejumlah risiko terhadap tekanan inflasi tersebut dan akan menyesuaikan respon kebijakan moneter sesuai kebutuhan,” jelas dia.

Menurut dia, kebijakan stabilisasi nilai tukar Rupiah sesuai dengan kondisi fundamental yang selama ini dilakukan akan dilanjutkan, diperkuat dengan percepatan upaya-upaya pendalaman pasar valuta asing. BI  juga memperkuat koordinasi bersama Pemerintah dengan fokus pada upaya menekan defisit transaksi berjalan dan meminimalkan potensi tekanan inflasi dari sisi volatile foods, termasuk kebijakan impor hortikultura

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Puan: Masyarakat Punya Hak Menentukan Arah Kebijakan Negara

JAKARTA-Ketua DPR RI, Puan Maharani meminta pemerintah melibatkan partisipasi publik
data bocor

Data Penumpang Bocor, Lion Air Lapor ke Polisi

JAKARTA-Lion Air Group masih berkoordinasi dan kerjasama dengan Kementerian Komunikasi