BI: Utang Luar Negeri Naik 7,2%

Friday 15 Mar 2019, 4 : 18 pm
ilustrasi

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mengungkapkan utang luar negeri Indonesia meningkat 7,2 persen secara tahunan pada akhir Januari 2019. Posisi utang itu menjadi 383,3 Miliar dolar AS atau setara dengan Rp5.404 triliun, berdasarkan asumsi kurs referensi Bank Sentral akhir Januari 2019.

Demikian siaran pers Bank Indonesia (BI) di Jakarta, Jumat, (15/3/2019).

Menurut Statistik Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia, utang luar negeri Indonesia hingga akhir Januari 2019 itu terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral sebesar 190,2 miliar dolar AS dan utang swasta termasuk BUMN sebesar 193,1 miliar dolar AS.

“Pertumbuhan ULN 7,2 persen (year on year/yoy) yang relatif stabil tersebut sejalan dengan peningkatan pertumbuhan ULN pemerintah di tengah perlambatan pertumbuhan ULN swasta,” tulis Bank Sentral dalam laporannya.

Adapun ULN pemerintah yang sebesar 187,2 miliar dolar AS atau tumbuh 3,7 persen (yoy) dipengaruhi oleh arus masuk dana investor asing di pasar Surat Berharga Negara (SBN) selama Januari 2019.

Aliran dana ke SBN itu, disebut BI, menunjukkan peningkatan kepercayaan investor asing terhadap kondisi perekonomian Indonesia. Sektor-sektor prioritas yang dibiayai melalui utang luar negeri pemerintah antara lain sektor jasa kesehatan dan kegiatan sosial, sektor konstruksi, sektor jasa pendidikan, sektor administrasi pemerintah, pertahanan, dan jaminan sosial wajib, serta sektor jasa keuangan dan asuransi.

Sedangkan, utang luar negeri swasta melambat pada Januari 2019. Jumlah ULN swasta hanya meningkat 1,5 miliar dolar AS, atau tumbuh 10,8 persen (yoy), melambat dibandingkan dengan pertumbuhan tahunan Desember 2018 yang sebesar 11,5 persen (yoy).

“Perlambatan tersebut terutama disebabkan oleh pertumbuhan ULN sektor industri pengolahan dan sektor jasa keuangan dan asuransi yang melambat. Sementara itu, pertumbuhan ULN sektor pertambangan dan sektor pengadaan listrik, gas, uap/air panas (LGA) mengalami peningkatan dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya,” tulis Bank Sentral.

BI memandang struktur utang luar negeri Indonesia tetap sehat saat ini, yang terlihat dari rasio ULN Indonesia terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) di kisaran 36 persen. Rasio tersebut, menurut Bank Sentral, masih berada di kisaran rata-rata negara dengan kapasitas ekonomi serupa (peers).

Di samping itu, struktur ULN Indonesia tetap didominasi ULN berjangka panjang yang memiliki pangsa 86,2 persen dari total ULN.

“BI dan Pemerintah terus berkoordinasi untuk memantau perkembangan ULN dan mengoptimalkan perannya dalam mendukung pembiayaan pembangunan, dengan meminimalisasi risiko yang dapat memengaruhi stabilitas perekonomian,” ujar Bank Sentral.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BI

Harga Grosir Naik 2,03% Pada Desember 2015

JAKARTA-Badan Pusat Statistik merilis terjadinya kenaikan indeks harga grosir/agen sebesar

NOC Negara-negara ASEAN Komit Perkuat Konektivitas Energi

DENPASAR-Perusahaan migas nasional (National Oil Company/NOC) negara-negara ASEAN komit untuk