Bidik Pertumbuhan Bisnis Treasury, Bank Mandiri Luncurkan Mandiri e-fx

Monday 1 Oct 2012, 9 : 18 am
by

JAKARTA-Bank Mandiri memperkenalkan produk Mandiri electronic – foreign exchange (mandiri e-fx) bagi nasabah bisnis treasury guna memberikan kenyamanan dan keamanan saat bertransaksi valas secara online.

Produk ini diharapkan dapat mendorong peningkatan transaksi valas hingga sekitar 30% tahun 2013.

Hingga semester I-2012, transaksi valas non-interbank yang dilakukan melalui Bank Mandiri mencapai US$32.02 milyar meningkat 22% dari periode yang sama tahun lalu, yaitu US$26.11 milyar.

Direktur Utama Bank Mandiri Zulkifli Zaini mengatakan, peluncuran fasilitas baru ini merupakan bentuk komitmen perusahaan untuk mendukung sepenuhnya perkembangan bisnis nasabah dengan memanfaatkan inovasi produk dan layanan yang berbasis teknologi.

“Melalui layanan Mandiri e-fx ini, nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang untuk melakukan settlement transaksi valas. Nasabah juga tidak perlu menghubungi ke dealing room untuk mengetahui kurs spesial secara langsung,” kata Zulkifli Zaini dalam grand launching Mandiri e-fx di Jakarta, Senin (1/10).

Untuk mengoptimalkan nasabah pengguna layanan Mandiri e-fx ini, Zulkifli menambahkan, pihaknya akan membidik nasabah-nasabah Bank Mandiri di segmen corporate maupun commercial banking, terutama korporasi yang banyak menggunakan valas dalam transaksi bisnis.

Per Juni 2012, jumlah nasabah yang melakukan transaksi melalui Bank Mandiri tercatat 31.328 nasabah, jauh lebih tinggi dari 24.128 pada periode yang sama tahun lalu.

“Sejauh ini layanan electronic dealing platform kepada nasabah, seperti Mandiri e-fx ini hanya dimiliki oleh bank-bank asing. Oleh karena itu, kami cukup optimis dengan prospek kontribusi layanan ini kepada perusahaan,” tuturnya.

Zulkifli mengungkapkan, kehadiran layanan Mandiri e-fx ini diharapkan juga dapat memperkuat penguasaan pasar Bank Mandiri di bisnis transaksi valas.

Market share kita untuk transaksi forex di Indonesia sudah hampir mendekati 25%,” tutur Zulkifli Zaini.

Selain cash transactions products (transaksi valuta asing devisa umum dan banknotes), Bank Mandiri juga memiliki beberapa jenis produk dan jasa lain guna mendorong pendapatan dari bisnis treasury.

Don't Miss

Ini Lima Usaha Rintisan Jebolan Innovating Jogja 2020

YOGYAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya mendorong penerapan hasil penelitian dan

Golkar-PAN Bergabung, Logistik Prabowo Terkeruk

JAKARTA-Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengaku mengelola banyak tim