BNI Syariah Raih Penghargaan Internasional di Alpha Southeast Asia Award 2019

26
BNI Syariah
Wakil Pemimpin Divisi Komersial BNI Syariah, Ferry Hendrawan (kanan); dan CEO Alpha Southeast Asia Singapura, Shiddiq Bazarwala (kiri), ketika hadir dalam acara penyerahan penghargaan 13th Annual Best Financial Institution Awards, Aplha Southeast Asia Award 2019, di Sofitel Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (26/9).

KUALA LUMPUR-BNI Syariah meraih penghargaan internasional sebagai Best Islamic Finance SME Bank 2019 di wilayah Asia Tenggara dalam acara 13th Annual Best Financial Institution Awards. Penghargaan ini diberikan oleh CEO Alpha Southeast Asia Singapura, Shiddiq Bazarwala kepada Wakil Pemimpin Divisi Komersial BNI Syariah, Ferry Hendrawan di Sofitel Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (26/9).

Alpha Southeast Asia yang telah berdiri sejak tahun 2007 merupakan majalah yang berfokus dalam menyampaikan informasi terkait dengan investasi di negara-negara kawasan Asia Tenggara. Tahun ini merupakan kali ke 13 majalah Alpha Southeast Asia memberikan penghargaan kepada institusi perbankan terbaik di Asia Tenggara.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Alpha Southeast Asia kepada perbankan di Asia Tenggara yang memiliki prestasi di bidangnya masing-masing. Keberhasilan BNI Syariah meraih penghargaan ini tidak lepas dari inovasi yang terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan nasabah dan mitra BNI Syariah.

Apresiasi yang diterima merupakan wujud nyata komitmen BNI Syariah untuk terus meningkatkan kinerja yang optimal dan berkelanjutan. Pencapaian ini tentu tak lepas dari dukungan BNI Group melalui berbagai program sinergi, antara lain penyaluran pembiayaan komersial, baik melalui pembiayaan sindikasi maupun supply chain financing.

Pembiayaan sindikasi juga dilakukan melalui kerjasama dengan bank Syariah lainnya. Selain penyaluran pembiayaan, BNI Syariah juga menyediakan berbagai fasilitas layanan untuk korporasi dan institusi, diantaranya layanan cash management melalui platform BNI Direct, virtual account, e-collection management, liquidity management, dan payment management. Cash Management merupakan layanan kepada nasabah perusahaan/institusi untuk mengelola aktivitas keuangan by system sehingga lebih efisien.

BNI Syariah dalam ekspansi bisnis juga menyasar Halal Ecosystem, seperti halal tourism, pendidikan (pesantren, madrasah, sekolah, dan perguruan tinggi Islam), kuliner, kosmetik, Zakat Infaq Shodaqoh dan Wakaf (ZISWAF), rumah sakit, pasar modal, serta Haji dan Umroh. Langkah ini dilakukan sebagai salah satu bentuk dukungan BNI Syariah kepada Pemerintah terkait cita-cita Indonesia sebagai pusat ekonomi halal dunia.

Selain itu, terkait peningkatan inklusi keuangan syariah, BNI Syariah terus melakukan sinergi program literasi dan inklusi keuangan syariah dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sinergi dengan BNI dalam pengembangan Layanan Syariah Bank (LSB), pembukaan outlet, dan kolaborasi dengan fintech.

“Penghargaan ini tentunya merupakan hasil dari kerja keras dari segenap insan hasanah. Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan para stakeholder kepada BNI Syariah, pencapaian ini akan menjadi motivasi kami untuk terus mengoptimalkan kinerja pembiayaan yang berkualitas dengan tetap menerapkan prinsip kehati-hatian,” ujar Direktur Bisnis SME dan Komersial BNI Syariah, Dhias Widhiyati.

Untuk mengoptimalkan kinerja pembiayaan, BNI Syariah menerapkan beberapa strategi diantaranya optimalisasi sinergi dengan BNI induk untuk menggarap value chain financing, bekerjasama dengan bank lain dalam pembiayaan sindikasi, menyasar sektor ekonomi dengan tingkat risiko yang rendah, serta intensif mengembangkan segmen Small and Medium.