BPJS Kesehatan Harap Perbaikan Program JKN-KIS Segera Ditindaklanjuti

Thursday 10 Oct 2019, 6 : 21 pm
by

DEPOK-BPJS Kesehatan menyelenggarakan Seminar dan Bedah Buku Putih Komisi IX DPR RI berjudul “Keberlangsungan Program Jaminan Kesehatan Nasional dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional” di Univeritas Indonesia Depok, Kamis (10/10).

Buku ini adalah merupakan luaran utama dari serangkaian pertemuan antara stakeholder dalam rangka pembahasan tantangan pengelolaan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Buku ini berisikan perjalanan program, tantangan dan permasalahan dan ruang perbaikan Program JKN-KIS. Selain itu buku ini merupakan salah satu referensi pembelajaran dan pengenalan terhadap program jaminan kesehatan di Indonesia.

“Sebelumnya kami mengucapkan terimakasih kepada Komisi IX DPR RI telah mengambil peran serta memberikan masukan untuk keberlangsungan Program JKN-KIS. Kami sengaja melakukan bedah buku ini dan melibatkan civitas akademika serta media massa, dengan harapan rekomendasi yang ada dalam buku tersebut dapat ditindaklanjuti bersama dalam upaya perbaikan dan optimalisasi Program JKN-KIS,” kata Direktur Utama BPJS Kesehatan, Fachmi Idris.

Fachmi juga mengungkapkan, serangkaian rekomendasi dan aksi yang disepakati tersebut diharapkan dapat menjadi panduan perbaikan dan peningkatan kualitas pelaksanaan Program JKN-KIS. Panduan perbaikan ini bukan hanya dilakukan oleh BPJS Kesehatan, tetapi juga oleh seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan terkait.

Dalam buku tersebut, dicatat bagaimana pencapaian Program JKN-KIS sejak diluncurkan pada tahun 2014 antara lain, cakupan kepesertaan yang terus meningkat, adanya kepastian jaminan pembiayaan kesehatan serta penyamarataan manfaat yang sebelumnya bervariasi diantara berbagai jaminan kesehatan di Indonesia.

Sejak kehadiran Program JKN-KIS juga terdapat peningkatan kesetaraan akses terhadap pelayanan kesehatan antar kelompok sosial ekonomi.

Program JKN-KIS juga memberikan perlindungan keuangan atas risiko sakit masyarakat, pencegahan kemiskinan, perbaikan income (pendapatan) fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Lebih jauh program ini juga memberikan kontribusi terhadap ekonomi diantaranya kontribusi total Program JKN-KIS terhadap perekonomian Indonesia di tahun 2016 mencapai Rp152,2 triliun. Pada tahun 2021, kontribusinya diperkirakan meningkat sampai Rp289 triliun.

“Begitu banyak perubahan yang fundamental dalam sistem kesehatan di Indonesia sejak kehadiran Program JKN-KIS. Perubahan ini diharapkan akan menuju pada arah sistem kesehatan yang lebih baik,” tambah Fachmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BNI dan Bluebird Aplikasikan Transformasi Digital guna Dukung Era Cashless

JAKARTA-PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dan PT
IGJ

Mekanisme Sengketa Investasi Merugikan Negara

JAKARTA-Beberapa negara, termasuk negara dari anggota The Regional Comprehensive Economic