Pasar US dan Eropa Menguat Signifikan

30
Stock market data with uptrend vector. 3d render.

JAKARTA-Pasar AS semalam ditutup menguat didorong oleh penguatan sementara harga minyak dunia dan berita akuisisi yang dilakukan Warren Buffett. Pasar Eropa tercatat naik dengan sentimen yang sama. “Pagi ini, sebagian besar indeks di wilayah Asia Pasifik juga cenderung bergerak menguat,” jelas analis valas PT Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih dalam riset hariannya seperti dikutip dari laman samuel.co.id di Jakarta, Selasa (11/8).
Dari pasar komoditas jelasnya, harga minyak dunia mengalami rebound seiring dengan rally yang terjadi pada US gasoline dan diesel, sedangkan harga emas naik tajam ditengah pelemahan sementara US Dolar dan komentar The Fed yang mengindikasikan adanya ketidakpastian kenaikan suku bunga acuan pada bulan September.
Sementara itu, dari pasar dalam negeri ujarnya, aksi jual telah menekan IHSG ditengah minimnya katalis penggerak, hari ini, penguatan indeks global, regional dan futures serta pasar EIDO berpotensi mendorong indeks ditutup naik tipis. “Pagi ini, nilai tukar rupiah kembali menguat ke level Rp13.531/Dolar AS,” pungkasnya.