Bupati Gusti: Kebhinekaan Memperkuat Mabar

Monday 12 Feb 2018, 12 : 34 am
by
Bupati Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Agustinus Ch Dula

LABUAN BAJO-Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman tinggi, tak terkecuali di Labuan Bajo, Manggarai Barat (Mabar).

Bupati Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Agustinus Ch Dula mengatakan bahwa kebinekaan yang dimiliki masyarakat Mabar saat ini menjadi kekuatan perekat serta pemersatu masyarakat Mabar.  Sementara itu, toleransi merupakan alat untuk mempersatukan kebinekaan.

“Toleransi merupakan bagian dari kekuatan dan keberlanjutan masyarakat Mabar,” ujar Bupati Gusti menjelang Perayaan HUT Mabar yang ke-15 di Labuan Bajo, Minggu (11/2).

Bupati Gusti mengaku, kebinekaan merupakan pemberian Tuhan yang menjadi kekuatan bagi anak bangsa Indonesia di Mabar ini.

Karena itu, Bupati Mabar 2 periode ini meyakini Indonesia bisa menjadi bangsa yang besar jika mampu melindungi, memelihara, menjaga, dan menghormati keberagaman.

“Kebinekaan harga mati dan kekeuatan bangsa kita terletak pada keberagaman itu. Kami meyakini keberagaman, kebinekaan adalah rahmat yang justru menjadi kekuatan kita di Mabar ini,” ulasnya.

Selain memiliki berbagai potensi wisata dan pemandangan alam yang indah, Mabar memiliki keberagamaan suku, agama dan ras sebagai modal kekuatan sosial pembangunan. Keberagaman ini harus dianggap sebagai modal kekuatan bersama bukan sebagai potensi konflik.

“ Tidak perlu berkelahi. Mari kita rukun penuh kekeluargaan memikirkan dan berbuat sesuatu yang positif bagi Mabar dengan memperkuat 4 (empat) Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Kebhinekaan Tunggal Ika dan NKRI Harga Mati “, kata Bupati.

Labuan Bajo katanya sebagai salah satu destinasi wisata yang digandrungi baik oleh wisatawan manca negara dan domestic. Untuk itu, harus dijaga secara bersama – sama untuk tetap aman dan nyaman dikunjungi serta dihuni.

“ Mari kita bergandengan tangan dan satukan kekuatan untuk bergerak maju bersama – sama. Jadikan perbedaan sebagai modal kekuatan bersama menuju Manggarai Barat yang Ramah, Maju dan Sejahtera,” tuturnya.

Secara terpisah, Kabag Humaspro Paulus Jeramun, M.Si menjelaskan bahwa dalam rangka memperkuat keharmonisan Pemda Mabar menggelar berbagai even dalam rangka HUT Mabar ke-15.

Diantaranya, pameran foto dengan mengangkat tema keberagaman budaya Manggarai Barat.

“Itu yang ingin ditunjukkan dalam frame – frame foto yang akan dipajang di Aula Setda Mabar oleh Humaspro,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kubu Agung Anggap Enteng Laporan Ical Cs

JAKARTA- Konflik internal Partai Golkar kian memanas. Konflik semakin meruncing

Doddy Imron Ungkap Manfaat Hutan Mangrove Bagi Ekonomi Masyarakat Pesisir

JAKARTA–Wakil Ketua Umum DPP Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) yang