Cadangan Devisa Agustus 2017 Tembus US$128,8 Miliar

Sunday 10 Sep 2017, 1 : 53 am
by
tribunnews.com

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa (cadev) Indonesia pada Agustus 2017 tercatat US$128,8 miliar. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan posisi akhir Juli 2017 yang sebesar US$127,8 miliar.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Agusman menjelaskan, peningkatan cadev ini terutama dipengaruhi oleh penerimaan devisa yang berasal dari penerimaan pajak dan devisa hasil ekspor migas bagian pemerintah, serta hasil lelang Surat Berharga Bank Indonesia (SBBI) valas.

“Penerimaan devisa tersebut melampaui kebutuhan devisa terutama untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah dan SBBI valas jatuh tempo,” jelasnya.

Posisi cadangan devisa pada akhir Agustus 2017 tersebut cukup untuk membiayai 8,9 bulan impor atau 8,6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

“BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal dan menjaga kesinambungan pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Bank BRI Siap Terbitkan Obligasi Berwawasan Lingkungan Rp6 Triliun

JAKARTA-Obligasi Berwawasan Lingkungan Berkelanjutan I Tahap II Tahun 2023 PT

Perkembangan Kewirausahaan di Indonesia Terbatas

JAKARTA-Perkembangan kewirausahaan di Indonesia masih terbatas. Hal ini tercermin dari