Cadangan Devisa Setara Dengan Pembiayaan Impor 7,4 Bulan

Thursday 7 Nov 2019, 1 : 29 pm
by
cadangan devisa
Ilustrasi Cadangan Devisa

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Oktober 2019 tercatat sebesar 126,7 miliar dollar AS, meningkat dibandingkan dengan posisi pada akhir September 2019 sebesar 124,3 miliar dollar AS.

“Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 7,4 bulan impor atau 7,1 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko, dalam siaran persnya Kamis (7/11).

BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan. Peningkatan cadangan devisa pada Oktober 2019, menurut Onny, terutama dipengaruhi oleh penerbitan global bond pemerintah, penerimaan devisa migas, dan penerimaan valas lainnya.

“Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai dengan didukung stabilitas dan prospek ekonomi yang tetap baik,” pungkas Onny.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Bicara Soal 3 PM, Puan: Ekonomi Kuat Jika UMKM Sukses

SEMARANG-Ketua DPR RI, Puan Maharani menegaskan ekonomi Indonesia akan kuat

Menjelang Reformasi Jilid Dua

Oleh: Saiful Huda Ems Prof Mahfud MD secara resmi mundur