Cadangan Devisa Terus Meningkat

Tuesday 8 Jan 2019, 1 : 06 pm
by

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Desember 2018 terus meningkat menjadi USD120,7 miliar, lebih tinggi dibandingkan dengan USD117,2 miliar pada akhir November 2018.

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 6,7 bulan impor atau 6,5 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

“BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Agusman di Jakarta, Selasa (8/1).

Menurutnya, peningkatan cadangan devisa pada Desember 2018 terutama dipengaruhi oleh penerimaan devisa migas, penerbitan global bonds dan penarikan pinjaman luar negeri pemerintah.

“Ke depan, BI memandang cadangan devisa tetap memadai didukung keyakinan terhadap stabilitas dan prospek perekonomian domestik yang tetap baik, serta kinerja ekspor yang tetap positif,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Menperin Akui Pelaku IKM Paling Ulet dan Inovatif

PADANG-Pemerintah memberi apreasi yang tinggi atas kreativitas dan kegigihan pelaku

Bank di Indonesia Terbiasa Ambil Untung Besar

JAKARTA-Meskipun Bank Indonesia (BI) telah menurunkan suku bunga acuan atau