Catatan Untuk Tour de Flores

68

Oleh: Gabriel Mahal SH

Event Tour de Flores (TdF) 2017 sedang berlangsung. Belum bebas dari soal-soal yang berkaitan dengan pendanaan event tersebut. Bahkan, TdF-2016 masih menyisahkan persoalan dana ini (TdF 2016 Masih Menyisakan Utang, ALSEMAT: Itu Piutang Pemda dan Pemprov http://voxntt.com/?p=14293).

Bagaimanapun, event seperti diperlukan. Paling tidak dapat membantu mempromosikan Flores sebagai Pulau Wisata. Untuk kepentingan promosi ini diperlukan dua tiga event bertaraf internasional yang digelar di Flores.

Nah, yang perlu menjadi catatan adalah: Pertama, ya soal dana tadi. Alangkah bagusnya jika TdF di masa yang akan datang tidak lagi membebankan daerah. TdF bisa membiayai sendiri event tersebut. Dari mana sumber biayanya? Ya, sponsor. Artinya, salah satu fokus yang harus dikerjakan tim TdF ini sepanjang tahun sampai dengan pagelaran TdF adalah mencari sponsor-sponsor yang bisa membiayai event ini.

Kedua, event TdF ini mesti dirasakan masyarakat manfaatnya, di samping promosi Pulau Wisata Flores. Agar masyarakat bisa merasakan manfaatnya. Bukan manfaat hiburan atau bisa langsung menyaksikan para pembalap beraksi di jalan. Tapi manfaat ekonomis. Maka masyarakat mesti melihat event sebagai peluang pasar untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produk kreatif masyarakat. Untuk itu perlu sosialisasi dan komunikasi kepada masyarakat mengenai apa saja peluang yang bisa dimanfaatkan, dan apa saja yang bisa dilakukan warga masyarakat untuk mendapatkan manfaat ekonomis dari peluang tersebut.

Siapa yang melakukan sosialisasi dan komukasi itu? Tentu yang pertama-tama adalah pihak penyelenggara event, dan pemerintah daerah, dan pihak-pihak terkait lainnya. Sosialisasi dan komunikasi ini tidak cukup hanya dilakukan jelang event. Tetapi jauh sebelum event. Bahkan, jika perlu sepanjang tahun jelang event tersebut. Ini sekaligus momentum membangun sadar wisata masyarakat.

Tujuan penyelenggaraan TdF ini tentu untuk memberikan manfaat kepada masyarakat. Jika tujuan ini tidak tercapai, lama-lama masyarakat tidak merasakan kegunaan dari penyelenggaraan event ini. Jika sampai pada titik itu, sia-sia tak gunanya penyelenggaraan event tersebut, dan tidak akan mendapat dukungan masyarakat.

Semoga TdF-2017 sukses dan TdF selanjutnya biaya event tidak lagi jadi masalah, dan event itu sendiri memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi rakyat Flores.*

Penulis adalah Pemerhati Budaya Tinggal di Jakarta