Cermati 6 Faktor Penting Ini Untuk Proteksi Kendaraan Anda

Friday 14 Jul 2017, 6 : 38 pm
by

Mengajukan polis asuransi mobil all risk dengan beragam cakupan perluasan akan membuat Anda mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Memiliki asuransi mobil memang akan memberikan rasa nyaman ketika mengemudi karena kita perlu lagi kawatir dengan situasi yang menyebabkan kerusakan pada kendaraan.

Beberapa hal dibawah ini dapat membantu Anda untuk meminimalisir besarnya premi yang wajib Anda bayarkan dengan fasilitas dan daya cover yang sama.

Pembelian asuransi berdasarkan lokasi

Tahukah Anda bahwa lokasi tempat pembelian asuransi juga mempengaruhi besarnya premi asuransi? Jika Anda bertempat tinggal di daerah yang tidak terlalu padat lalu lintasnya maka Anda dapat memperoleh asuransi kendaraan yang cukup rendah nilai preminya. Asuransi kendaraan memang lebih mahal untuk daerah perkotaan yang cukup padat arus lalu lintas baik siang atau malam hari. Misalnya Anda ingin membeli asuransi kendaraan all risk dari Garda Oto di daerah Surabaya, tentunya harga preminya akan lebih murah dibandingkan dengan asuransi Garda Oto di Jakarta karena kondisi lalu lintas yang berbeda.

Faktor usia dan status pernikahan

Wanita sering dinilai lebih berhati-hati ketika mengemudi dibandingkan laki-laki. Karena itu, banyak pula pihak asuransi yang menerapkan nilai premi yang lebih rendah untuk nasabah wanita. Selain itu, orang yang berstatus telah menikah juga membayar nilai premi yang lebih rendah dibandingkan orang yang masih single. Orang yang usianya dibawah 25 tahun juga dinilai lebih ceroboh dan kurang berhati-hati. Karena itu, orang dibawah 25 tahun membayar premi asuransi lebih mahal dibandingkan orang yang berusia antara 50 hingga 65 tahun.

Jenis mesin kendaraan

Nilai dari kendaraan yang bermesin diesel lebih mahal dibandingkan dengan kendaraan bermesin lainnya. Demikian pula nilai premi asuransi yang ditujuan untuk perlindungan kendaraan bermesin diesel.

Daya perlindungan asuransi kendaraan yang dipilih

Cakupan daya perlindungan asuransi selalu berbeda-beda sesuai dengan kesepakatan nasabah dan pihak asuransi. Ada nasabah yang mengajukan perluasan daya cover perlindungan, ada pula yang hanya ingin mengajukan asuransi dasar tanpa tambahan perluasan daya perlindungan. Tentu semakin luas jangkauan perlindungan asuransi maka nilai preminya akan semakin tinggi. Meski nilai premi yang tinggi juga sepadan dengan besarnya manfaat yang ditawarkan. Selain

Penambahan sistem pengamanan

Asuransi kendaraan juga dipengaruhi oleh sistem keamanan yang terinstall di mobil yang diasuransikan. Jika Anda hendak mengajukan asuransi mobil kesayangan serta ingin dilengkapi dengan perangkat sistem keamanan maka dapat dipastikan besarnya premi asuransi yang wajib Anda bayarkan juga nilainya semakin tinggi.

Asuransi kendaraan yang menyesuaikan keinginan calon nasabah

Salah satu penyebab nilai asuransi cukup tinggi atau bahkan cukup rendah adalah asuransi yang diutak-atik skemanya menyesuaikan dengan keinginan calon nasabah yang hendak mengajukan asuransi mobil. Tentunya jika keinginan nasabah cukup banyak dan harus dipenuhi oleh pihak asuransi maka nilai premi asuransi dipastikan juga menjadi semakin tinggi. Banyak perusahaan asuransi yang bersedia untuk menyesuaikan polis asuransi mereka dengan keinginan para calon nasabah yang hanya memberikan satu orang pengemudi saja. Produk asuransi kendaraan ternama seperti asuransi kendaraan adira Autocillin all risk, ACA, Tokio Marine, atau Malacca, memiliki berbagai macam jenis premi asuransi perluasan yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Premi asuransi memang beragam nilainya sesuai dengan apa yang dijabarkan diatas. Jika Anda ingin menilik berapa nilai premi asuransi kendaraan yang mungkin sesuai dengan keinginan Anda, maka Anda dapat mengecek dan membandingkan beragam asuransi secara online. Banyak website yang dapat membantu Anda untuk menghitung besarnya premi asuransi menggunakan kalkulator asuransi.

Dengan mengecek secara online, maka Anda tentu sangat terbantu untuk memilih asuransi yang cukup ringan bagi kantong Anda namun tetap memberikan banya manfaat bagi Anda dan mobil Anda.

Beberapa tips untuk memilih dan membeli asuransi kendaraan yang ramah bagi kantong Anda antara lain:

Untuk mendapatkan asuransi kendaraan dengan premi yang cukup terjangkau maka Anda harus lebih mencermati lagi tentang manfaat-manfaat yang sangat penting bagi kendaraan serta Anda sebagai pengemudi mobil.

Cobalah lebih mencermati perluasan asuransi yang ditawarkan berbagai pihak asuransi. Tentu perluasan asuransi yang memang sesuai dengan keadaan dan kebutuhan Anda akan lebih menguntungkan bagi Anda. Perluasan asuransi biasanya berlaku ketika Anda mengajukan asuransi yang baru atau memperpanjang asuransi yang telah Anda miliki.

Jangan segan untuk meminta bantuan pada agen asuransi/broker untuk menjelaskan serta memutuskan asuransi mana yang paling cocok dengan kebutuhan dan keuangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Pengamat: Ganjar-Airlangga Diterima Pemilih Muslim

JAKARTA-Pakar komunikasi publik dan pemasaran politik dari Universitas Gadjah Mada

SMRC: Tingkat Kepuasan Pemilih Kritis pada Kinerja Presiden Jokowi 79,7%

JAKARTA-Tingkat kepuasan di kalangan pemilih kritis pada kinerja presiden Jokowi