Chandra Asri Perkasa Bangun Pabrik Olefin Berkapasitas Satu Juta Ton

263

JAKARTA–PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) menyiapkan lahan sekitar 100 hektar (ha) guna membangun pabrik olefin jenis etilena. Nantinya pabrik ini akan dikelola anak usaha TPIA, yakni PT Chandra Asri Perkasa (CAP). “Sekarang, kami sudah bisa mulai, karena sudah punya izinnya,” kata Vice President for Corporate Relation
Chandra Asri Suhat Miyarso kemarin, (3/4/2017).

Investasi tahap awal mencapai US$ 1,9 miliar.  Sumber pendanaan proyek ini berasal dari kas internal sebesar 25-30%, sedangkan sisanya 70-75% atau US$ 1,3-1,4 miliar dari pinjaman bank.

Menurut Suhat, pihaknya sudah selesai mendaftarkan investasi baru ini dan sekaligus membentuk anak usaha yang akan membangun dan mengelola kompleks pabrik petrokimia terbaru ke Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Lebih jauh kata Suhat, pembangunan
tahap pertama pabrik ini yakni pabrik olefin jenis berkapasitas 1 juta ton per tahun. PT Chandra Asri Perkasa memiliki saham sebanyak 99% dan 1% saham oleh PT Styrindo Mono Indonesia (SMI). “Kami masih akan menghitung lagi sesuai dengan kajian keekonomian,” tambahnya.

Selanjutnya, Chandra Asri Perkasa akan mengurus analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal), izin impor mesin dan peralatan, serta pengajuan insentif tax holiday.

Chandra Asri tengah melakukan studi kelayakan untuk membangun kompleks petrokimia baru. **