CIMB Niaga Hadirkan Terobosan Baru, Promosi Belanja Rekening Ponsel

Thursday 10 Apr 2014, 8 : 39 pm
by

JAKARTA- PT Bank CIMB Niaga Tbk terus melakukan inovasi dalam bertransaksi perbankan guna memanjakan masyarakat di Tanah Air. Pada 2013 lalu, CIMB Niaga melakukan terobosan dengan meluncurkan transfer uang antar nomor ponsel tanpa perlu rekening bank. Sehingga, para pengguna tak lagi harus menghafal nomor rekening bank dan dapat melakukannya dengan aman dan cepat. Kini, CIMB Niaga kembali membuka wawasan masyarakat dengan menghadirkan cara belanja baru, menggunakan Rekening Ponsel, tanpa perlu uang tunai, kartu ATM bahkan kartu kredit.
Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Samir Gupta mengatakan, untuk merealisasikan cara belanja menggunakan Rekening Ponsel ini, CIMB Niaga melakukan kerja sama dengan sekitar 800 toko (outlet) jaringan merchant  di bulan April, dan akan bertambah menjadi sekitar 1.300 outlet di bulan Mei 2014. 
Dalam kerjasama ini, sejumlah merchant yang menjadi rekanan CIMB Niaga juga memberikan nilai tambah berupa promosi bagi pengguna Rekening Ponsel. Pembelanjaan di outlet Century misalnya, pengguna akan memperoleh cash back. Sedangkan yang ingin nonton di Cinema XXI maupun Blitzmegaplex berlaku promosi ‘beli satu gratis satu’ tiket nonton.  “Selain itu, outlet seperti Seven Eleven, Snow Bay, Books & Beyond memberikan potongan harga atau special promotion bila membayar menggunakan Rekening Ponsel,” ujarnya.
Samir menjelaskan, Rekening Ponsel siap dengan dua cara pembayaran. Hal ini bergantung pada sistem di kasir masing-masing merchant, yang dapat menerima salah satu atau kedua cara pembayaran tersebut. Pertama, pengguna tinggal memberikan nomor ponsel (Rekening Ponsel) ke kasir. Setelah kasir memasukkan nomor ponsel dan jumlah belanja di mesin electronic data capture (EDC), maka tinggal mengkonfirmasi belanja dengan memasukkan PIN Rekening Ponsel di ponselnya. Transaksi selesai.
Adapun cara kedua, pengguna memberikan nomor Kupon Rekening Ponsel yang telah dibuat terlebih dahulu dengan nilai yang ditentukan sendiri sesuai saldo yang tersedia di Rekening Ponsel. Kupon dapat dibuat dengan mengirim SMS ‘Kupon(spasi)nilai Kupon” ke 1418.  Saat membayar, pengguna tinggal memberikan nomor Kupon ke kasir untuk dimasukkan ke mesin EDC.  Sisa saldo Kupon yang tidak terpakai akan otomatis kembali ke Rekening Ponsel.
Menurut Samir, inovasi bertransaksi yang aman, praktis dan mudah di era teknologi yang canggih ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Terlebih lagi, dengan komposisi sekitar 50% populasi masyarakat berusia muda, dan terus meningkatnya jumlah kalangan menengah, Rekening Ponsel menjadi produk unggulan yang mampu menjawab kebutuhan gaya hidup dan tren baru transaksi perbankan.  “Tak hanya itu, merchant-merchant juga memperoleh manfaat dengan menerima cara pembayaran menggunakan Rekening Ponsel.  Pasalnya, metode ini mampu menurunkan biaya merchant discount rate (MDR), mengurangi transaksi tunai dan biaya cash management, dan tentunya settlement yang lebih cepat dan aman karena dilakukan secara elektronik,” ungkap Samir.
Upaya yang dilakukan CIMB Niaga ini, lanjut Samir, diharapkan mampu berkontribusi pada peningkatan jumlah pengguna Rekening Ponsel. Sejak diluncurkan pada Maret 2013 hingga akhir Desember 2013, pengguna Rekening Ponsel tumbuh rata-rata 68% per bulan dan kini memproses 1,5 juta transaksi setiap bulannya.  “Apa yang kami lakukan ini adalah bagian dari strategi CIMB Niaga untuk menjadi Bank terpercaya dengan salah satu fokus menjadi Bank Digital Terdepan (Becoming A Leading Digital Bank),” tutup Samir.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kemenhan dan Komisi I DPR RI Sosialisasi Bela Negara

BEKASI-Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI bersama Komisi I DPR RI melaksanakan

Bank Permata Pimpin Kredit Sindikasi ke AFI Rp 300 Miliar

JAKARTA- Bank Permata menjadi pemimpin sindikasi kredit untuk PT Andalan