CIMB Niaga Raih Platinium Trophy 2013

Thursday 11 Jul 2013, 8 : 17 pm
by

JAKARTA- CIMB Niaga” berhasil meraih penghargaan Platinum Trophy 2013 atas Kinerja Keuangan “Sangat Bagus” untuk kategori kelompok Bank Umum Kegiatan Usaha (BUKU) 3 atau bank-bank bermodal inti Rp5 triliun sampai dengan Rp30 triliun.

Penilaian atas kinerja bank-bank menggunakan lima kriteria utama yang terbagi ke dalam tujuh rasio keuangan dan empat pertumbuhan. Indikator itu antara lain rasio permodalan, kualitas aset, aktiva produktif rentabilitas dan likuiditas, serta efisiensi dan pertumbuhan dana. Selain itu indikator lainnya adalah kredit, modal inti, dan laba.

Corporate Secretary CIMB Niaga Harsya Denny Suryo,  mengungkapkan, penghargaan ini menjadi hasil dari kerja keras seluruh jajaran di CIMB Niaga serta pengakuan atas prestasi kinerja keuangan CIMB Niaga sepanjang tahun 2012. Per 31 Desember 2012, CIMB Niaga mencatatkan laba bersih konsolidasi (audited) sebesar Rp4,23 triliun, meningkat 33% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Denny menambahkan, tahun 2012, CIMB Niaga semakin memantapkan posisinya sebagai bank terbesar kelima dari sisi aset, dengan total aset tercatat sebesar Rp197,41 triliun, tumbuh 18% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Pertumbuhan aset sejalan dengan pertumbuhan penyaluran kredit yang meningkat 16% menjadi sebesar Rp145,40 triliun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp125,70 triliun. “Pertumbuhan penyaluran kredit CIMB Niaga didukung pula dengan peningkatan perolehan dana pihak ketiga (DPK) sebesar 15% yoy menjadi Rp151,02 triliun per 31 Desember 2012,” kata Denny.

Tahun 2012, jelas dia CIMB Niaga juga terus mengembangkan layanan branchless banking-nya untuk mempermudah transaksi perbankan nasabah melalui CIMB Clicks (internet banking), Go Mobile (mobile banking), dan Phone Banking 14041 dan 500 800, disamping layanan ATM. Belum lama, CIMB Niaga memperkenalkan produk Rekening Ponsel, inovasi terbaru layanan perbankan di Indonesia, yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi perbankan hanya dengan menggunakan nomor ponsel operator manapun.

Selain “Rekening Ponsel”, inovasi terbaru CIMB Niaga lainnya dalam layanan branchless banking adalah Digital Lounge. Dilengkapi dengan teknologi terkini, Digital Lounge menyediakan sejumlah fasilitas dan layanan perbankan, dari mesin ATM model terbaru, mesin setor tunai, hingga layanan video banking dengan layar sentuh untuk bertransaksi serta layar besar yang menampilkan video banking agent/petugas bank secara live yang akan membantu nasabah dalam melakukan transaksi perbankannya. 

Menurut Denny, pengembangan layanan branchless banking ini sejalan program financial inclusion yang dicanangkan oleh Bank Indonesia dalam mengenalkan produk dan layanan perbankan secara luas ke masyarakat. “Untuk itu, kami persilahkan masyarakat untuk memanfaatkan seluruh layanan tersebut, dalam melakukan transaksi perbankannya, kapanpun, dan dimanapun,” kata Denny.

Denny melanjutkan, di tengah persaingan industri perbankan yang semakin ketat, penghargaan yang diraih CIMB Niaga kali ini diharapkan bisa memacu semangat seluruh karyawan/ti CIMB Niaga untuk bisa mencapai prestasi yang lebih baik lagi ke depannya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Central Counterparty

Turunkan GMW, BI Longgarkan Kebijakan Moneter

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) kemungkinan akan menerapkan kebijakan moneter yang longgar

Tak Kebal Hukum, UU Tipikor Bidik Pelaku Penyalahgunaan Dana Covid-19

JAKARTA-Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) tetap bisa diterapkan pada Peraturan